Pengembangan Model Keterampilan Dasar Mengajar Membuka dan Menutup Pembelajaran dalam Mengembangkan Multiple Intelligence pada Anak Usia 5-6 Tahun di Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran menuntut adanya
kegiatan menarik yang dapat menimbulkan perhatian dan gaya belajar anak di
dalam kelas. Keterampilan dasar mengajar yang digunakan oleh guru PAUD pada
umumnya mengacu pada keterampilan dasar mengajar secara umum. Selain itu
belum semua guru PAUD dapat menerapkan komponen keterampilan dasar
mengajar membuka dan menutup pembelajaran dengan mengaitkan multiple
intelligence dalam proses kegiatan pembelajaran. Dalam pengimplementasiannya,
keterampilan dasar membuka dan menutup pembelajaran anak usia dini masih
tergolong minim dalam hal kemenarikan dan keefektifan, hal ini yang menjadikan
kegiatan membuka dan menutup di PAUD kurang efektif untuk dilakukan.
Kecerdasan anak dapat dikembangkan oleh guru melalui kegiatan yang
menarik sehingga dapat mengembangkan kecerdasan dan kemampuan anak.
Adapun jenis-jenis multiple intelligence yang dikembangkan dalam keterampilan
dasar mengajar membuka dan menutup pembelajaran ini terdiri dari kecerdasan
linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan visual spasial, kecerdasan
musikal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal
dan kecerdasan naturalis. Keterampilan dasar membuka menutup pembelajaran
dalam mengembangkan multiple intelligence ini bertujuan untuk mengetahui hasil
pengembangan dan mendeskripsikan model keterampilan dasar mengajar
membuka dan menutup pembelajaran dalam mengembangkan multiple
intelligence yang teruji layak secara teoritis, praktis, dan efektif.