Pengaruh Media Video Animasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran
Abstract
Penerapan media video dalam pembelajaran yang kurang maksimal disebabkan salah satunya adalah keterbatasan fasilitas. Media pembelajaran sebagai sarana penyaluran informasi ke siswa tidak dapat didapat siswa secara maksimal. Penelitian ini memaparkan dampak yang dihasilkan oleh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh pada hasil belajar ranah kognitif siswa yang disebabkan oleh media video animasi yang penggunaannya didukung dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitiannya adalah eksperimental dengan desain yang dijadikan acuan adalah non equivalen control group design. Subjek digunakan merupakan siswa SDN 1 Pesanggaran dengan kelas VA dan kelas VB menjadi sampel yang diamati. Kegiatan percobaan yang dilakukan adalah pemberian perlakuan berupa pembelajaran yang memanfaatkan media video animasi dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai gaya pembelajaran. Setelah penelitian dilakukan diperoleh hasil pengujian awal dan akhir (pre dan post) siswa. Masing-masing hasil pengujian kemampuan awal siswa dari kedua kelas ialah kelas kontrol = 61,84 sedangkan kelas eksperimen = 58,01. Setelah kelas eksperimen diperlakukan dan kelas kontrol tidak maka didapat hasil post-test yaitu kelas kontrol sebesar 75,61 sedangkan kelas eksperimen sebesar 82,05. Berdasarkan t-test yang dilakukan diketahui nilai thitung = 4,545 dan harga ttabel = 1,665. Merujuk pada perhitungan t-test yaitu thitung > ttabel, maka hasil keputusannya adalah penggunaan media video animasi yang didukung dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berdampak pada hasil belajar kognitif siswa. Kemudian perolehan perhitungan nilai keefektifan relative menunjukkan penerapan media video animasi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing relatif efektif sebesar 57,38%.