• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Video Animasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI ANISA UROIVA 180210204205.pdf (5.060Mb)
    Date
    2022-04-11
    Author
    UROIVA, Anisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan media video dalam pembelajaran yang kurang maksimal disebabkan salah satunya adalah keterbatasan fasilitas. Media pembelajaran sebagai sarana penyaluran informasi ke siswa tidak dapat didapat siswa secara maksimal. Penelitian ini memaparkan dampak yang dihasilkan oleh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh pada hasil belajar ranah kognitif siswa yang disebabkan oleh media video animasi yang penggunaannya didukung dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitiannya adalah eksperimental dengan desain yang dijadikan acuan adalah non equivalen control group design. Subjek digunakan merupakan siswa SDN 1 Pesanggaran dengan kelas VA dan kelas VB menjadi sampel yang diamati. Kegiatan percobaan yang dilakukan adalah pemberian perlakuan berupa pembelajaran yang memanfaatkan media video animasi dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai gaya pembelajaran. Setelah penelitian dilakukan diperoleh hasil pengujian awal dan akhir (pre dan post) siswa. Masing-masing hasil pengujian kemampuan awal siswa dari kedua kelas ialah kelas kontrol = 61,84 sedangkan kelas eksperimen = 58,01. Setelah kelas eksperimen diperlakukan dan kelas kontrol tidak maka didapat hasil post-test yaitu kelas kontrol sebesar 75,61 sedangkan kelas eksperimen sebesar 82,05. Berdasarkan t-test yang dilakukan diketahui nilai thitung = 4,545 dan harga ttabel = 1,665. Merujuk pada perhitungan t-test yaitu thitung > ttabel, maka hasil keputusannya adalah penggunaan media video animasi yang didukung dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berdampak pada hasil belajar kognitif siswa. Kemudian perolehan perhitungan nilai keefektifan relative menunjukkan penerapan media video animasi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing relatif efektif sebesar 57,38%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106610
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository