Analisis Penerapan Media Pembelajara Geogebra dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis ialah kemampuan mengekspresikan,
memahami, menginterpretasikan dan mengevaluasi ide matematis secara tulis
maupun lisan, serta kemampuan menggunakan istilah atau notasi matematika
untuk menyajikan ide dan menggambarkan hubungan dan model-model situasi.
Salah satu materi pada pembelajaran matematika yang memerlukan kemampuan
sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis adalah Sistem
Persamaan Linier Dua Variabel. Kemampuan komunikasi matematis siswa di
sekolah tergolong rendah. Sehingga diperlukan penggunaan media pembelajaran
yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam
proses berlajar mengajar. Geogebra merupakan media pembelajaran yang dapat
digunakan untuk menilai kemampuan komunikasi matematis. Oleh karena itu
penggunaan media Geogebra dalam proses pembelajaran diharapkan dapat
meningkatkan komunikasi matematis siswa.
Dari latar belakang tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier
Dua Variabel menggunakan Geogebra, untuk mengetahui adakah peningkatan
kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan
Linier Dua Variabel menggunakan Geogebra, dan untuk mendeskripsikan
kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan
Linier Dua Variabel menggunakan media pembelajaran Geogebra.
Tahapan kegiatan penelitian melakukan studi pendahuluan, menyusun
rancangan penelitian, berkoordinasi dengan sekolah dan menentukan subjek
penelitian. Tahap selanjutnya ialah melakukan observasi awal untuk mengetahui
terkait pembelajaran di sekolah. Selanjutnya membuat instrumen penelitian, yang
terdiri dari soal tes dan wawancara. Instrumen tersebut diuji validasi oleh
validator. Setelah instrumen sudah valid, dilakukan pembelajaran menggunakan
media pembelajaran Geogebra serta pengumpulan data. Setelah mendapatkan data
yang dibutuhkan kemudian dilakukan analisis untuk mengetahui peningkatan
komunikasi matematis pada siswa.
Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua
Variabel menggunakan Geogebra dapat diketahui melalui hasil observasi.
Berdasarkan hasil observasi siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menggunakan Geogebra. Mereka
mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan, dan
sesuai dengan indikator yang tersedia.
2. Penerapan media pembelajaran Geogebra dapat meningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua
Variabel. Hal ini dapat dilihat dari proses pengerjaan siswa yang sesuai
dengan indikator komunikasi matematis siswa.
3. Kemampuan komunikasi matematis siswa dideskripsikan berdasarkan
faktor- faktor yang meliputi proses pembelajaran, sikap dan pemahaman
siswa, serta pembiasaan atau pemberian soal-soal yang dapat mengukur
kemampuan komunikasi matematis secara rutin. Geogebra tidak bisa
memberi nilai mutlak bahwa komunikasi matematis siswa akan meningkat.
Hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan penelitian yang pernah
dilakukan oleh Nopiyani dengan judul “Penerapan Media Pembelajaran
Matematika Realistik berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa SMP” dan penelitian yang dilakukan oleh Fahmi
yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Penalaran dan
Komunikasi Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Berbantuan Geogebra di Kelas VIII SMPN 1 Samudera”, yakni Geogebra
membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.