Pengaruh Kinerja Keuangan, Pertumbuhan Perusahaan dan Aktivitas Pemasaran Terhadap Nilai Perusahaan Food & Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Nilai perusahaan mempunyai peran penting dalam perusahaan, hal ini dikarenakan
bersangkutan dengan keputusan investor. Nilai perusahaan sebagai persepsi
investor terhadap perusahaan ikut andil dalam memberikan gambaran ataupun
risiko yang bisa dijadikan sinyal oleh investor. Oleh karena itu, perlu dilakukan
suatu studi untuk mengetahui faktor-faktor yang bisa mempengaruhi nilai
perusahaan seperti kinerja keuangan, pertumbuhan perusahaan dan aktivitas
pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh
kinerja keuangan, pertumbuhan perusahaan, dan aktivitas pemasaran terhadap nilai
perusahaan. Pada penelitian ini menggunakan beberapa proksi yang mewakili
variabel penelitian yaitu proksi Return On Equity (ROE) mewakili kinerja
keuangan, proksi pertumbuhan penjualan mewakili pertumbuhan perusahaan dan
beban pemasaran yang mewakili aktivitas pemasaran. Adapun populasi penelitian
yaitu perusahaan food & beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode
pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data
penelitian yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat analisis
menggunakan program SPSS 23. Metode analisis data penelitian yang digunakan
yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa kinerja keuangan
yang diwaliki Return On Equity (ROE) dan pertumbuhan perusahaan dengan proksi
pertumbuhan penjulan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Sedangkan aktivitas pemasaran yang diwakili oleh beban pemasaran tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan.