Muatan Nilai Karakter di Buku Siswa Kelas III SD Tema 4 Revisi 2018 serta Kesesuaiannya dengan KI 1 dan KI 2 Kurikulum 2013
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang berfokus terhadap
pendidikan karakter, terlebih di tingkat dasar yang menjadi dasar terhadap tingkat
berikutnya. Namun berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas 3 SDN
Kalitapen 1 Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, karakter siswa dewasa ini
mengalami pemerosotan nilai karakter yang menyebabkan kesenjangan perilaku
siswa yang tidak sesuai dengan harapan. Misalnya kerap kali terdapat siswa yang
tidak datang tepat waktu alias terlambat ke sekolah. Bolos saat jam pelajaran
berlangsung, mengabaikan tugas yang diberikan guru. Bahkan dalam pertemanan
antar siswa sering kali ditemukan kasus perundungan siswa oleh temannya atau
yang biasa disebut bullying. Dampak buruk bullying mengarah pada rusaknya
mental korban bullying maupun yang membuli. Siswa juga sering didapati berkata
kasar ketika berkomunikasi dengan teman sebayanya, jika dibiarkan maka ini
akan menjadi suatu kebiasaan buruk kedepannya.
Guna mengetahui nilai karakter yang termuat di buku siswa, maka perlu
dilakukan analisis terhadap muatan nilai karakter di buku siswa tersebut. Rumusan
masalah penelitian ini yakni apa sajakah nilai karakter yang terdapat pada buku
siswa kelas III SD Tema 4 revisi 2018? Bagaimanakah kesesuaian nilai karakter
yang terdapat di buku siswa kelas III SD Tema 4 revisi 2018 dengan indiator KI 1
dan KI 2 Kurikulum 2013?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini
yakni nilai karakter yang termuat di buku siswa. Nilai karakter yang dianalisis
berpedoman pada PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter), yakni nilai religius,
gotong royong, integritas, nasionalisme, serta nilai mandiri. Penelitian ini
bersumber pada buku tematik siswa kelas III SD tema 4 revisi 2018. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini yakni metode wawancara dan dokumentasi.
Terdapat 3 tahapan dalam menganalisis data pada penelitian ini yakni
mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil
analisis data ditemukan jumlah nilai karakter yang termuat di buku siswa kelas III
SD tema 4 revisi 2018 yakni sebanyak 70 nilai karakter. Rincian frekuensi
masing-masing nilai karakter antara lain nilai religius muncul sebanyak 14 nilai
karakter, gotong royong sebanyak 16 nilai karakter, nasionalisme sebanyak 6 nilai
karakter, integritas sebanyak 32 nilai karakter, dan nilai mandiri sebanyak 1 nilai
karakter. Sedangkan persentase kemunculan nilai karakter yakni nilai religius
(20%), nilai gotong royong (23%), nilai nasionalisme (9%), nilai integritas (46%),
nilai mandiri (2%).
Buku siswa kelas III SD tema 4 revisi 2018 telah memuat nilai karakter
yang sesuai dengan indikator KI 1 dan KI 2 K13. Hanya saja pengembangan nilai
karakternya disesuaikan dengan tema buku siswa sehingga frekuensi kemunculan
nilai karakter kurang seimbang mengingat ada beberapa nilai karakter yang
kurang dimunculkan di kalimat teks bacaan pada buku siswa yakni nilai
nasionalisme, dan nilai mandiri. Nilai karakter yang termuat di buku siswa kelas
III SD tema 4 revisi 2018 ini dapat dijadikan sebagai media oleh guru dalam
menanamkan nilai karakter pada siswa kelas III SD.
Saran yang diberikan yakni sebagai berikut. Bagi guru, sebaiknya guru
membaca serta memahami terlebih dulu isi buku agar pembelajaran dan
pengembangan nilai karakter yang telah ditentukan dapat lebih optimal. Bagi
peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk
melakukan penelitian sejenis lebih lanjut dengan tema yang berbeda.