Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan yang Berdampak pada Loyalitas Pelanggan pada Bang Husin Meubel Kalisat
Abstract
Industri meubel di Indonesia menjadi bisnis yang menguntungkan, sehingga
industri meubel menjadi salah satu industri yang banyak diminati oleh para
pebisnis. Produk meubel Indonesia semakin di akui pasar dunia, hal ini terbukti
dengan pertumbuhan industri meubel dan kayu nasional yang meningkat mencapai
4,83 persen dari tahun sebelumnya. Para pelaku usaha meubel harus mampu
memperhatikan kecenderungan perilaku konsumen terhadap produk meubel yang
dipasarkan, dengan memperhatikan hal tersebut diharapkan para pelaku usaha
meubel dapat mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk meubel
yang dipasarkan dan mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Para
pelaku bisnis meubel harus mampu memasarkan produknya agar mampu bersaing
dengan pelaku bisnis sejenis sehingga dalam mengeluarkan produk sebaiknya
menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang pada umumnya
akan memilih produk yang memiliki keunggulan daripada produk sejenis lainnya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis guna menciptakan
kepuasan konsumen yang secara tidak langsung akan menciptakan loyalitas
pelanggan yaitu kualitas produk dan harga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan
harga terhadap kepuasan pelanggan yang berdampak pada loyalitas pelanggan pada
Bang Husin Meubel Kalisat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
nonprobability sampling dengan metode convenience sampling yaitu pengambilan
sampel didasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk
mendapatkannya. Cara yang dilakukan adalah dengan memberikan kuesioner
kepada pelanggan Bang Husin Kalisat yang datang langsung ke Bang Husin
Meubel Kalisat dan melakukan pembelian sehingga diperoleh 100 orang responden.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan,
harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta berdampak pada
loyalitas pelanggan, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan
serta berdampak pada loyalitas pelanggan Bang Husin Meubel Kalisat.