Transformative learning terhadap kesejahteraan sosial gelandangan dan pengemis di lingkungan pondok sosial kabupaten jember
Abstract
Penelitian ini bertujauan untuk mengetahui transformative learning terhadap
kesejahteraan sosial gelandangan dan pengemis di lingkungan pondok sosial Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan
tempat dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive area yaitu di Lingkungan Pondok
Sosial Kabupaten Jember. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan
triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisi data
menggunakan model Miles and Huberman dengan langkah-langkah yakni pengumpulan data,
reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa
transformative learning memberikan perubahan psikologi dan perilaku gelandangan dan
pengemis, yang memberikan dampak pada kesejahteraan sosial yang meliputi lingkungan dan
ekonomi gelandangan dan pengemis