Pengaruh Pembelajaran Online dengan Aplikasi Google Classroom Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas X AKL SMK Negeri 4 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021)
Abstract
Pandemi covid-19 mengakibatkan seluruh proses pembelajaran di Indonesia harus dilakukan secara online agar tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pembelajaran online dapat menggunakan berbagai media pembelajaran seperti aplikasi Google Classroom. Aplikasi tersebut dimanfaatkan untuk memacu aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Aplikasi Google Classroom banyak dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan salah satunya SMK Negeri 4 Jember khususnya pada mata pelajaran akuntansi dasar kelas X AKL. Oleh karenanya peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh pembelajaran online dengan aplikasi Google Classroom terhadap aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran online dengan aplikasi Google Classroom terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi dasar kelas X AKL SMK Negeri 4 Jember tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif korelasional. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, dokumen, dan wawancara. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan metode analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran online dengan aplikasi Google Classroom terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi dasar kelas X AKL SMK Negeri 4 Jember sebesar 79,6%, sedangkan sebesar 20,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini seperti kondisi fisik, psikologis, minat belajar, dan lain sebagainya.