• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEER TUTORING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMPN 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Andy Nurul I.pdf (8.210Mb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Andy Nurul I
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru bidang studi matematika kelas VIIIF SMP Negeri 5 Jember, selama ini kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga sebagian besar siswanya menjadi pasif atau tidak terlibat secara aktif dan tidak jarang ditemui siswa yang lebih sering bertanya kepada temannya dari pada kepada guru. Siswa juga masih beranggapan bahwa mata pelajaran matematika itu sulit, sehingga tidak ada keinginan untuk mempelajari matematika dengan nyaman. Dari hasil observasi didapatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIIIF masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh data kelas, 47,36 % siswa dari 38 siswa yang mendapatkan nilai diatas 70, sedangkan 52,64 % siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 70. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar. Salah satu pembelajaran matematika yang diharap dapat memenuhi hal tersebut adalah pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) dengan strategi everyone is a teacher here. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran Peer Tutoring dengan Strategi Everyone is a Teacher Here, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Peer Tutoring dengan Strategi Everyone is a Teacher Here pada pokok bahasan persamaan garis lurus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. viii Pengambilan data dimulai pada tanggal 27 September 2011 sampai dengan 19 Oktober 2011. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Peer Tutoring dengan Strategi Everyone is a Teacher Here pada pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 5 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 terdapat kekurangan pada pembelajaran pertama. Guru tidak dapat menjalankan skenario pembelajaran secara optimal, karena aktivitas guru menjelaskan materi secara singkat dan mengarahkan siswa untuk berdiskusi belum maksimal. Pada pembelajaran kedua dan ketiga, aktivitas guru dalam memberikan kesempatan pada siswa untuk mengemukakan pendapat masih kurang akibatnya presentase aktivitas siswa dalam mengemukakan pendapat menjadi rendah. Namun pembelajaran keempat aktivitas guru sudah sempurna sehingga menjadikan presentase semua aktivitas siswa termasuk kriteria aktif. Semakin meningkatnya aktivitas siswa dari pembelajaran 1 hingga pembelajaran 4 dikarenakan siswa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran peer tutoring dengan strategi everyone is a teacher here. Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa siklus I, secara klasikal sebesar 81,58%. dan semakin meningkat di siklus II menjadi 89,47%. Hal ini dikarenakan siswa memliki kemampuan menemukan sendiri konsep barunya dalam proses diskusi bersama tutor masing-masing, dengan dibantu guru sebagai penyempurna dan meluruskan kesalahan pada saat proses presentasi kelompok. Hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran peer tutoring dengan strategi everyone is a teacher here cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar matematika di kelas pada tiap siklusnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10647
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository