KENDALA-KENDALA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS X.E MA. AL-QODIRI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2010-2011
Abstract
Bahasa merupakan suatu mata pelajaran sekaligus alat komunikasi yang sangat
penting bagi seorang siswa, khususnya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang dinilai sangat penting, baik di tingkat
menengah pertama, tingkat menengah atas maupun sekolah dasar. Oleh karena itu,
diperlukan sebuah penelitian secara obyektif dan lebih mendalam guna mengatasi
beberapa kendala-kendala yang mungkin dihadapi para siswa dalam menerima mata
pelajaran bahasa inggris itu sendiri, hal ini dikarenakan Bahasa Inggris merupakan
salah satu pelajaran yang pada umumnya dianggap sulit bagi banyak siswa. Oleh
karenanya, seorang guru dituntut untuk dapat memberikan penyampaian yang baik
dan benar agar mudah di pahami oleh siswa. Beberapa kendala yang dihadapi oleh
seorang Guru ialah siswa malas dan sulit memahami Bahasa Inggris dengan baik.
Selain itu siswa juga mengalami kendala-kendala dalam mempelajari Bahasa Inggris
itu sendiri, seperti siswa malas karena terlalu sering mencatat dan buku penunjang
kurang lengkap.Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, diperlukan cara yang
efisien guna untuk membantuu siswa agar dapat memahami Bahasa Inggris dengan
baik. Oleh karena itu kerjasama antara pihak sekolah dengan tenaga Pengajar
sangatlah dibutuhkan oleh siswa untuk memotivasi mereka dalam belajar khususnya
dalam mempelajari Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang dinilai
sangat penting namun siswa masih sulit memahami Bahasa Inggris tersebut.