Analisis Ekstrakurikuler Marching Band Terhadap Karakteristik Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun TK Pertiwi Kabupaten Jember
Abstract
Marching band merupakan sebuah pertunjukan di bidang seni musik yang dihasilkan dari bermacam-macam alat musik yang akan menghasilkan sebuah instrumen musik. Ekstrakurikuler marching band bagi anak usia dini bukan hanya belajar mengenai bagaimana bermain alat musik, akan tetapi kegiatan ekstrakurikuler marching band juga memiliki dampak pada kecerdasan musikal anak. Pada dasarnya sejak usia dini anak telah memiliki kecerdasan musikal secara alamiah hanya saja tidak semua dapat berkembang dengan baik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah analisis ekstrakurikuler marching band terhadap karakteristik kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun TK Pertiwi Kabupaten Jember?” Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis ekstrakurikuler marching band terhadap karakteristik kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun TK Pertiwi Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar Wawancara yang berisi 20 butir pertanyaan yang diberikan kepada Kepala Sekolah, Guru Pembina dan juga Pelatih. Beberapa butir pertanyaan tersebut terdiri dari 6 aspek yang dikembangkan menjadi satuan pertanyaan. Aspek tersebut meliputi kemampuan anak dalam menangkap bunyi, kemampuan dalam mengingat nada atau pola, kemampuan dalam mengekspresikan bentuk musik, kemampuan dalam memainkan alat musik, kedisiplinan anak dan juga konsentrasi anak. Penjabaran dari 6 aspek tersebut berupa pertanyaan yang telah dituliskan pada lembar kisi-kisi instrumen.