PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PAHLAWANKU PADA SISWA KELAS IV DI UPTD SATDIK SDN LOJEJER 04 KABUPATEN JEMBER
Date
2022-03-09Metadata
Show full item recordAbstract
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Pahlawanku Pada Siswa Kelas IV di UPTD SATDIK SDN Lojejer 04 Kabupaten Jember; Denis Norma Yunita; 180210204062; 72 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Jember.
Pendidikan merupakan ajang untuk mewujudkan salah satu tujuan negara Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa dapat dikatakan baik apabila mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Artinya, proses pembelajaran dipusatkan pada siswa. Akan tetapi, selama ini pembelajaran berpusat pada guru dan belum memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengeluarkan pendapatnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di UPTD SATDIK SDN Lojejer 04 pada tanggal 27 September 2021 diperoleh data bahwa hasil belajar siswa masih berada pada kategori kurang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran menggunakan model ceramah dengan sistem penugasan. Selain itu, belum adanya penggunaan media yang memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan model dan penggunaan media yang lebih inovatif diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama tema Pahlawanku subtema Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1. Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model Problem Based Learning (PBL) flipbook.
Model PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang menyajikan permasalahan terlebih dahulu kepada siswa, kemudian siswa menyelesaikan permasalahan tersebut bersama dengan kelompoknya. Selain model, penerapan media juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media flipbook merupakan media pembelajaran yang menyajikan materi dalam bentuk buku virtual. Penerapan model PBL dan penggunaan media flipbook diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Pahlawanku. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV di UPTD SATDIK SDN Lojejer 04 setelah mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan flipbook pada tema pahlawanku. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV di UPTD SATDIK SDN Lojejer 04 setelah mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan flipbook pada tema pahlawanku.
Penelitian dilaksanakan di kelas IV UPTD SATDIK SDN Lojejer 04 Kabupaten Jember. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 yang dimulai pada tanggal 27 September 2021 hingga 11 Desember 2021. Penelitian ini dilakukan pada tema 5 (Pahlawanku) subtema 1 (Perjuangan Para Pahlawan) pembelajaran 1 secara luring. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IV UPTD SATDIK SDN Lojejer 04 dengan jumlah 28 siswa dimana 15 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dimana masing-masing terdapat siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ada tiga yaitu wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus secara klasikal sebesar 56% dengan kategori kurang, siklus I sebesar 72% dengan kategori baik dan siklus II mencapai 80% dengan kategori sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan flipbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Pahlawanku Subtema Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1. Saran yang diberikan bagi penelitian ini yaitu penyesuaian kondisi siswa di kelas. Hal ini disebabkan siswa perlu adanya adaptasi dengan guru. Kelemahannya perlu adanya penyesuaian terlebih dahulu dengan siswa. Pandangan pertama yang diberikan siswa masih takut untuk menyampaikan pendapatnya dan kurangnya rasa percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran. Selanjutnya, saran yang diberikan bagi pengembangan penelitian lain yaitu menerapkan model PBL berbantuan flipbook pada ranah selanjutnya, seperti afektif dan psikomotor. Terlebih lagi bisa menerapkan model tersebut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.