• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (217.0Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    NOVIANA MARIATUL ULFA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru ekonomi dan siswa kelas X.C MAN Jember 1 ditemukan adanya permasalahan yaitu guru kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa kelas X.C cenderung rendah pada saat proses pembelajaran, data hasil dari observasi awal menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 42,47 yang masih tergolong dalam kategori rendah, serta hasil belajar siswa kelas X.C masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain yaitu nilai rata-rata sebesar 36,97 dari 41 siswa. Permasalahan-permasalahan tersebut perlu dicarikan solusinya, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X.C di MAN Jember 1 tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran Ekonomi materi pasar, (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X.C di MAN Jember 1 tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran Ekonomi materi pasar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pendekatan Open-Ended. Pendekatan Open-Ended berfokus pada hubungan di dalam lingkungan kelas, yaitu diskusi yang membuat interaksi antar siswa dengan siswa yang di satukan dalam suatu kelompok bisa baik sehingga memudahkan proses belajar mengajar. Diskusi dalam pendekatan OpenEnded ini agar siswa mampu berdiskusi, berkomunikasi dengan baik agar kelompok bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan beberapa jawaban. Pendekatan Open-Ended merupakan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang diinginkan, karena pendekatan Open-Ended merupakan cara, petunjuk yang dapat mempertajam daya ingat serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi yaitu seluruh siswa kelas X.C semester ganjil di MAN Jember 1 sebanyak 41 siswa, dengan berdasarkan atas permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan dimulai dari tanggal 17 – 24 November 2011, pada hari Kamis pukul 08.30-10.00. Sumber data yang akan diperoleh dari penelitian ini yaitu sumber data primer. Data primer diperoleh selama proses tindakan berlangsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Siklus II dilaksanakan jika pada siklus I hasil dari penelitian belum mencapai target yang diinginkan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian. Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1) dengan menerapkan pendekatan Open-Ended aktivitas belajar siswa pada siswa kelas X.C MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi materi pasar semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 65,41 yang termasuk dalam kategori aktif, (2) dengan menerapkan pendekatan OpenEnded hasil belajar siswa pada siswa kelas X.C MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi materi pasar semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata sebesar 87,80 dari 41 siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10643
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository