• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Representasi Matematis Siswa Kelas XI dalam Pemecahan Masalah Fungsi ditinjau dari Tipe Kepribadian Sensing-Intuition

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi (2.951Mb)
    Date
    2022-02-05
    Author
    SARASWATI, Taksu Prajna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Representasi matematis adalah ide-ide atau gagasan matematika yang diwujudkan dalam bentuk model atau bentuk pengganti yang mempermudah dalam pemecahan masalah matematika. Representasi matematis tersebut dianalisis dengan memperhatikan jawaban pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan representasi matematis siswa kelas XI dalam pemecahan masalah fungsi ditinjau tipe kepribadian sensing-intuition. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Arjasa. Subjek pada penelitian ini sebanyak 4 siswa kelas XI yaitu 2 siswa bertipe kepribadian sensing dan 2 siswa bertipe kepribadian intuition. Data dari penelitian dikumpulkan melalui metode tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis hasil tes, hasil wawancara, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan tipe kepribadian sensing mampu memenuhi semua indikator representasi matematis dalam pemecahan masalah Fungsi dengan terstruktur, namun semua itu berdasarkan apa yang telah dikenalinya dan yang telah diajarkan oleh guru. Siswa dengan tipe kepribadian intuition mampu memenuhi beberapa indikator representasi matematis dalam pemecahan masalah Fungsi dan tidak mampu menggunakan representasi verbal pada tahap menyelesaikan masalah karena siswa intuition lebih suka memecahkan masalah menggunakan caranya sendiri yang lebih singkat dan yang menurutnya paling benar, namun penyelesaian masalahnya tetap terstruktur. Siswa intuition juga mampu dalam menjelaskan berbagai representasi matematis yang telah diungkapkan dengan lancar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106406
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository