Show simple item record

dc.contributor.authorJANNAH, Excelsa Suli Wildhatul
dc.date.accessioned2022-04-14T03:24:47Z
dc.date.available2022-04-14T03:24:47Z
dc.date.issued2022-01-28
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106398
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 April 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan adalah suatu usaha yang terencana dan sadar untuk terciptanya proses pembelajaran dan suasana belajar sehingga peserta didik dapat memiliki pengendalian diri dan mengembangkan potensi dirinya secara aktif, cerdas, terampil, dan berakhlak mulia. Pemerintah telah mengatur standar nasional pendidikan yang didalamnya menunjukkan bahwa materi numerasi atau matematika wajib termuat pada setiap jenjang pendidikan sebagai salah satu mata pelajaran. Peran ilmu matematika sangat penting dalam menyelesaikan suatu masalah aktivitas kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam matematika dapat ditemukan pada pengaplikasian materi himpunan pasangan berurutan. Permasalahan pengaplikasian himpunan pasangan berurutan yang dipilih yaitu penyusunan penjadwalan pada keberangkatan dan pendaratan pesawat. Pemilihan permasalahan ini dikarenakan agar peserta didik dapat mengaplikasikan materi himpunan pasangan berurutan dalam hal yang lebih kompleks guna mengembangkan ilmu matematika itu sendiri dan juga dapat melibatkan beberapa komponen bidang ilmu lainnya. Perkembangan ilmu matematika yang kompleks tentunya memerlukan suatu kemampuan yang cukup kompleks pula dan memanfaatkan teknologi digital sesuai dengan era indrustri 4.0, kemampuan tersebut dapat berupa kemampuan metaliterasi. Metaliterasi adalah kerangka berpikir menyeluruh dengan referensi mandiri yang komprehensif dibandingkan tipe literasi lainnya. Kemampuan metaliterasi dalam pembelajaran daring dapat menggunakan pendekatanpendekatan untuk menunjang proses pembelajaran tersebut dan pendekatan yang dapat diterapkan yaitu pendekatan STEM. Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) adalah kurikulum multi-disiplin yang berfokus terhadap sains, teknologi, teknik, dan matematika yang terintegrasi dengan proses pendidikan dan berfokus pada pemecahan masalah pada kehidupan sehari-hari serta dalam kehidupan profesional (Healey et al., 2014). Pembelajaran berbasis STEM dapat dikolaborasikan dengan model pembelajaran Research-Based Learning. Research-Based Learning (RBL) adalah suatu metode pembelajaran dengan konsep multi-segi yang mengacu pada berbagai strategi pembelajaran dan pengajaran yang menghubungkan penelitian dan pengajaran (Blackmore & Fraser, 2007). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan sintaks model Research-Based Learning dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan kemampuan metaliterasi peserta didik menyelesaikan masalah himpunan pasangan berurutan, lalu memaparkan proses dan hasil pengembangan perangkat ResearchBased Learning dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan kemampuan metaliterasi peserta didik menyelesaikan himpunan pasangan berurutan, serta mengetahui potret fase metaliterasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah himpunan pasangan berurutan saat penerapan perangkat Research-Based Learning dengan pendekatan STEM. Proses pengambilan data dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa rumusan sintaks model Research-Based Learning dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan kemampuan metaliterasi peserta didik menyelesaikan masalah himpunan pasangan berurutan dapat dilaksanakan dengan baik, pelaksanaan perangkat Research-Based Learning memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan kemampuan metaliterasi peserta didik kelas 8A SMP Muhammadiyah 1 Jember dalam menyelesaikan masalah himpunan pasangan berurutan, serta potret fase metaliterasi setiap peserta didik memiliki caranya masing-masing dalam menyelesaikan masalah himpunan pasangan berurutan saat penerapan perangkat Research-Based Learning dengan pendekatan STEM. Hasil dari penelitian ini adalah sintaks model Research-Based Learning dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan kemampuan metaliterasi peserta didik menyelesaikan masalah himpunan pasangan berurutan yang DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER x mempertimbangkan penyusunan penjadwalan pesawat di suatu bandara yang memiliki dua atau lebih landasan pacu dengan beberapa pesawat yang akan mendarat di waktu yang relatif bersamaan atau berdekatan. Sintaks RBL-STEM melakukan tahapan sebagai berikut 1) fundamental permasalahan yang berkaitan dengan masalah penjadwalan pesawat, 2) memperoleh terobosan dengan menggunakan pengaplikasian himpunan pasangan berurutan, 3) pengumpulan informasi data terkait penerbangan pada suatu bandara, 4) menganalisis data dengan mensketsa hubungan pesawat dan landasan pacu lalu menghubungkannya dengan himpunan pasangan berurutan, 5) menggeneralisasi penjadwalan pesawat dengan mempertimbangkan waktu keberangkatan dan pendaratan, serta 6) memberikan kesimpulan dari hasil kegiatan penelitian yang telah dilakukan untuk observasi metaliterasi peserta didik. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dengan model Research-Based Learning untuk mengukur metaliterasi peserta didik pada permasalahan himpunan pasangan berurutan meliputi RPP, LKPD, serta pretest dan posttest. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas LKPD sebesar 3,82 (95,5%) dan THB sebesar 3,67 (91,75%) dengan demikian perangkat dikatakan valid. Memenuhi kategori praktis berdasarkan penilaian pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran sebesar 4 (100%) dengan demikian keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat tinggi. Memenuhi kategori efektif berdasarkan persentase aktivitas peserta didik yang sebesar 3,2 (80%), serta tes hasil belajar peserta didik sebesar 84,2% yang menunjukkan kategori aktif. Pengaruh perangkat Research-Based Learning dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan metaliterasi peserta didik dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan paired-sample t test dengan bantuan software SPSS dan diperoleh Sig. (2-tailed) senilai 0,00 < 0,05 atau probabilitas < alpha, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh perangkat Research Based Learning – STEM terhadap metaliterasi peserta didik. Selanjutnya dapat dilihat dari hasil yang DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBE diperoleh dari analisis yaitu persentase peserta didik yang berkemampuan metaliterasi sangat tinggi senilai 0% saat pretest, lalu meningkat menjadi 5,2% saat posttest. Berikutnya peserta didik yang berkemampuan metaliterasi tinggi yaitu 5,2% saat pretest, lalu meningkat menjadi 31,7% saat posttest. Kemudian yang berkemampuan metaliterasi sedang yaitu 0% saat pretest, lalu meningkat menjadi 57,9% saat posttest. Berkemampuan metaliterasi cukup yaitu 68,4% saat pretest, menjadi hanya 5,2% saat posttest. Serta yang berkemampuan metaliterasi rendah yaitu 26,4% saat pretest, lalu menjadi 0% saat posttest. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan metaliterasi peserta didik kelas 8A yang telah menerapkan pengembangan perangkat Research-Based Learning dengan pendekatan STEM dalam menyelesaikan masalah himpunan pasangan berurutan. Potret fase peserta didik dalam menyelesaikan masalah himpunan pasangan berurutan didasarkan pada kemampuan metaliterasi peserta didik tersebut. Empat sampel peserta didik yang diambil mewakili kategori metaliterasi sangat tinggi, tinggi, dan sedang. Hasil potret fase dari empat peserta didik yang telah dikombinasikan menjadi satu disebut dengan global metaliterasi, sedangkan hasil potret fase dari masing-masing peserta didik disebut dengan lokal metaliterasi.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D (Pembimbing I) Arif Fatahillah, S.Pd., M.Si. (Pembimbing II)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectResearch-Based Learningen_US
dc.subjectMetaliterasien_US
dc.titlePengembangan Perangkat Research-Based Learning dengan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Metaliterasi Peserta Didik Menyelesaikan Masalah Himpunan Pasangan Berurutanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record