• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perilaku Truth-Seeking Siswa SMA Negeri 1 Jember dalam Pemecahan Masalah dengan Semesta Pembicaraan yang Tidak Diketahui pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Teori Ideal Problem Solving

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Mira Rahmawati NIM 180210101064.pdf (2.067Mb)
    Date
    2022-01-21
    Author
    Rahmawati, MIRA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perilaku truth-seeking siswa merupakan prediktor utama seseorang memiliki perilaku berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian yang berkaitan dengan perilaku trth-seeking siswa dalam merespon permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku truth-seeking yang dimiliki oleh siswa dalam mengerjakan soal dengan semesta yang tidak diketahui berdasarkan model pemecahan masalah IDEAL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan tahapan (1) penentuan subjek penelitian, (2) pembuatan instrumen, (3) pemberian soal kepada subjek dan perekaman perilaku truth-seeking, (4) penganalisisan data, (5) triangulasi antara hasil pengamatan dan wawancara, dan (5) penyimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa cenderung tidak berperilaku truth-seeking dalam mengerjakan soal dengan semesta yang tidak diketahui berdasarkan model IDEAL. Siswa melakukan beberapa tahapan yang terdapat pada teori IDEAL problem solving, yaitu mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan, melaksanakan strategi, melihat kembali dan mengevaluasi hasil. Siswa jarang menuliskan tahap melaksanakan strategi, karena siswa selalu berorientasi terhadap penyelesaian, perhitungan dan jawaban. Siswa terbiasa menggunakan tahapan pada teori IDEAL problem solving dalam menyelesaikan soal cerita dan tidak terbiasa menyelesaikan permasalahan matematika dalam bentuk apapun apabila tidak disertai petunjuk pengerjaan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106355
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository