Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Penjualan Produk Halal di Kabupaten Banyuwangi
Abstract
UMKM merupakan salah satu jenis usaha yang berkembang di Indonesia
dan bergerak pada berbagai bidang usaha. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh
UMKM agar penjualan produk nya mengalami kenaikan yaitu memiliki sertifikasi
halal agar dapat menjamin konsumen bahwa produknya sudah sesuai dengan
standar dari pemerintah, selanjutnya memperhatikan kualitas produk yang dijual
agar konsumen lebih tertarik untuk membeli, dan terakhir mempertimbangkan
dengan baik penentuan harga produk yang dijual.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh
dari tiga variabel independen yaitu sertifikasi halal, kualitas produk, dan harga
terhadap variabel dependen yaitu penjualan. Pada penelitian ini menggunakan
teknik analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS dan
Microsoft Excel. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Kabupaten
Banyuwangi sebanyak 232 orang dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 147
orang UMKM sebagai responden. Data dalam penelitian ini didapatkan dari data
primer dengan cara menyebarkan kuisioner melalui Google Form.