dc.description.abstract | Pembelajaran bahasa merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan
agar dapat menguasai bahasa. Pembelajaran bahasa mencakup 4 aspek
keterampilan berbahasa, diantaranya keterampilan menyimak, berbicara,
membaca, dan menulis. Pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran menulis di
kelas V meliputi pembelajaran menulis ringkasan, menulis teks narasi, dan
menulis surat undangan. Penelitian ini membahas mengenai kemampuan menulis
menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V dilihat dari aspek kesesuaian isi
dengan teks asli, penggunaan kata baku, penggunaan kalimat efektif, penggunaan
huruf kapital, penggunaan tanda baca titik dan koma, serta penggunaan konjungsi
kausalitas.
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada 1 dan 2 Maret 2021
dengan guru kelas V SDN Wonojati 01 diperoleh informasi bahwa sebanyak 22
siswa tidak tepat dalam mencantumkan ide pokok pada salah satu paragraf,
menyalin seluruh teks tanpa diringkas, tidak menggunakan kata baku, serta kurang
tepat dalam menggunakan huruf kapital, tanda baca, konjungsi kausalitas, dan
kalimat efektif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah
kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V SDN Wonojati 01
Jenggawah Jember; dan (2) faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi
kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V SDN Wonojati 01
Jenggawah Jember.
Penelitian dilaksanakan di SDN Wonojati 01, Kecamatan Jenggawah,
Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 37
siswa terdiri atas 26 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang
digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas,
reduksi data, penyajian data, pemberian bobot dan penghitungan persentase, serta
penarikan kesimpulan.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai
rata-rata kemampuan siswa dalam menulis ringkasan adalah 68,05, nilai tersebut
termasuk kategori baik. Sebanyak 5 siswa atau 13,51% memiliki kemampuan
menulis ringkasan sangat baik, 11 siswa atau 29,72% memiliki kemampuan baik,
dan 11 siswa atau 29,72% tergolong kategori kemampuan cukup. Persentase
tertinggi terdapat pada 12 siswa atau 32,44% dengan kategori kemampuan kurang.
Kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V SDN Wonojati 01
secara keseluruhan tergolong cukup tinggi; dan (2) faktor-faktor yang
mempengaruhi kemampuan menulis ringkasan siswa antara lain, rendahnya minat
baca, minimnya penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kurangnya
pembiasaan menulis, dan kurangnya pendampingan belajar oleh orang tua di
rumah, khususnya belajar menulis.
Adapun saran yang diberikan yaitu: (1) siswa sebaiknya melakukan
pembiasaan menulis dan membaca untuk mengurangi kesalahan dalam penulisan,
menambah kosa kata dan membantu penggunaan bahasa yang baik dan benar
sesuai kaidah kebahasaan; (2) guru sebaiknya mengetahui hal-hal yang
mempengaruhi kemampuan menulis siswa agar dapat meningkatkan kemampuan
siswa terutama dalam menulis sehingga tujuan pembelajaran bahasa dapat mudah
dicapai; (3) bagi pihak sekolah sebaiknya perlu menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar ketika berkomunikasi di lingkungan sekolah; dan (4) bagi
peneliti lain sebaiknya penelitian mengenai kemampuan menulis dapat dijadikan
gambaran untuk menunjang pembelajaran bahasa dan menciptakan pembaruanpembaruan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, khususnya
menulis | en_US |