Show simple item record

dc.contributor.authorPUSPITASARI, Nadia
dc.date.accessioned2022-04-07T09:15:55Z
dc.date.available2022-04-07T09:15:55Z
dc.date.issued2022-01-28
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106260
dc.description.abstractPembelajaran bahasa merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan agar dapat menguasai bahasa. Pembelajaran bahasa mencakup 4 aspek keterampilan berbahasa, diantaranya keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran menulis di kelas V meliputi pembelajaran menulis ringkasan, menulis teks narasi, dan menulis surat undangan. Penelitian ini membahas mengenai kemampuan menulis menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V dilihat dari aspek kesesuaian isi dengan teks asli, penggunaan kata baku, penggunaan kalimat efektif, penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca titik dan koma, serta penggunaan konjungsi kausalitas. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada 1 dan 2 Maret 2021 dengan guru kelas V SDN Wonojati 01 diperoleh informasi bahwa sebanyak 22 siswa tidak tepat dalam mencantumkan ide pokok pada salah satu paragraf, menyalin seluruh teks tanpa diringkas, tidak menggunakan kata baku, serta kurang tepat dalam menggunakan huruf kapital, tanda baca, konjungsi kausalitas, dan kalimat efektif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V SDN Wonojati 01 Jenggawah Jember; dan (2) faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V SDN Wonojati 01 Jenggawah Jember. Penelitian dilaksanakan di SDN Wonojati 01, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 37 siswa terdiri atas 26 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas, reduksi data, penyajian data, pemberian bobot dan penghitungan persentase, serta penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis ringkasan adalah 68,05, nilai tersebut termasuk kategori baik. Sebanyak 5 siswa atau 13,51% memiliki kemampuan menulis ringkasan sangat baik, 11 siswa atau 29,72% memiliki kemampuan baik, dan 11 siswa atau 29,72% tergolong kategori kemampuan cukup. Persentase tertinggi terdapat pada 12 siswa atau 32,44% dengan kategori kemampuan kurang. Kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V SDN Wonojati 01 secara keseluruhan tergolong cukup tinggi; dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis ringkasan siswa antara lain, rendahnya minat baca, minimnya penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kurangnya pembiasaan menulis, dan kurangnya pendampingan belajar oleh orang tua di rumah, khususnya belajar menulis. Adapun saran yang diberikan yaitu: (1) siswa sebaiknya melakukan pembiasaan menulis dan membaca untuk mengurangi kesalahan dalam penulisan, menambah kosa kata dan membantu penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai kaidah kebahasaan; (2) guru sebaiknya mengetahui hal-hal yang mempengaruhi kemampuan menulis siswa agar dapat meningkatkan kemampuan siswa terutama dalam menulis sehingga tujuan pembelajaran bahasa dapat mudah dicapai; (3) bagi pihak sekolah sebaiknya perlu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika berkomunikasi di lingkungan sekolah; dan (4) bagi peneliti lain sebaiknya penelitian mengenai kemampuan menulis dapat dijadikan gambaran untuk menunjang pembelajaran bahasa dan menciptakan pembaruanpembaruan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, khususnya menulisen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Drs. Hari Satrijono M. Pd Dosen Pembimbing II : Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuanen_US
dc.subjectMenulis Ringkasanen_US
dc.subjectTeks Eksplanasien_US
dc.titleKemampuan Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SDN Wonojati 01 Jenggawah Jemberen_US
dc.title.alternativeThe Fifth Grade Students' in Ability Writing Summary of Explanation Text at SDN Wonojati 01 Jenggawah Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record