Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sharing Task dan Jumping Task pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Tipe Kepribadian DISC
Abstract
Kesalahan merupakan suatu penyimpangan dari jawaban yang berbeda dari
suatu proses menyelesaikan soal yang seharusnya. Kesalahan juga diartikan sebagai
sebuah tindakan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal. Dalam hal
ini, ada beberapa kriteria kesalahan untuk mengalisis kesalahan siswa yakni kriteria
Watson dan kriteria Newman. Salah satu kriteria yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kriteria Watson. Delapan kriteria yang dijabarkan oleh Watson tersebut
lebih detail memberikan penjelasan mengenai kesalahan siswa secara rinci yang
dapat mungkin dilakukan oleh siswa. Kriteria Watson dirumuskan oleh John
Watson, John Watson merupakan seorang pendiri Behaviorisme. Menurut Watson
terdapat 8 kriteria kesalahan saat menyelesaikan soal, yakni: Inappropriate Data/ID
(data tidak tepat); Inappropriate Procedure/IP (prosedur tidak tepat); Omitted
Data/OD (data hilang); Omitted Conclusion/OC (kesimpulan hilang); Response
Level Conflict/RLC (konflik level respon); Undirected Manipulation/UM
(manipulasi tidak langsung); Skill Hierarchy Problem/SHP (masalah hirarki
keterampilan); dan selain ke-7 kategori (Above Other/AO).
Salah satu materi matematika yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan
sehari-hari adalah materi aritmatika sosial. Dari materi aritmatika sosial masih
banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal. Biasanya
dalam matematika khususnya dalam materi aritmatika sosial disajikan persoalan
kehidupan sehari-hari yang berbentuk soal cerita. Banyak cara yang bisa dilakukan
oleh seorang guru untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Salah
satunya adalah dengan memberikan soal sharing task dan jumping task pada siswa
saat pembelajaran berlangsung guna mencari kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
Faktor- faktor yang dapat mempengaruhi siswa saat belajar ataupun saat
mengerjakan soal yang diberikan oleh seorang guru yakni salah satunya adalah
kepribadian. Tipe kepribadian yang dipilih disini adalah tipe kepribadian yang
disampaikan oleh William Moulton Marston (1893-1947). Ia menggolongkan tipe
kepribadian dalam 4 kategori yakni dengan sebutan DISC (Dominance, Influence,
Steadiness, Compliance).
Beberapa penelitian sebelumnya telah banyak membahas tentang analisis
kesalahan siswa berdasarkan kriteria Watson, akan tetapi masih belum ada
penelitian serupa yang menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal
sharing task dan jumping task berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe
kepribadian DISC. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang analisis kesalahan
siswa dalam menyelesaikan soal sharing task dan jumping task pada materi
aritmatika sosial berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe kepribadian DISC.
Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mengidentifikasi
kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sharing task dan jumping task pada
materi aritmatika sosial berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe kepribadian
DISC.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Jember. Subjek
penelitian dipilih dengan menentukan subjek yang sesuai dengan tipe kepribadian
DISC kemudian mencari subjek yang memiliki kesalahan paling banyak dengan
subjek yang lain. Dalam hal ini, subjek penelitian terdiri atas 12 siswa dengan
rincian 12 siswa mengerjakan soal sharing task dan 8 siswa mengerjakan soal
jumping task. Prosedur yang digunakan pada penelitian ini meliputi kegiatan
pendahuluan, penyusunan instrumen, validasi instrumen, penentuan subjek
penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen
penelitian yang digunakan terdiri atas peneliti, soal tes tipe kepribadian DISC, soal
tes sharing task dan jumping task, pedoman wawancara, dan lembar validasi.
Pengambilan data dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 27 Oktober
2021 dan 9 November 2021. Berdasarkan data yang diperoleh, dilakukan analisis
untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal
sharing task dan jumping task pada materi aritmatika sosial berdasarkan kriteria
Watson ditinjau dari tipe kepribadian DISC. Hasil analisis data dan pembahasan
menunjukkan bahwa tipe kepribadian dominance, influence, steadiness, dan
compliance sama-sama melakukan beberapa kesalahan yakni prosedur tidak tepat
(Innapropriate Procedure/ IP), konflik level respon (Response Level Conflict/
RLC) dan masalah hirarki keterampilan (Skill Hierarchy Problems/SHP).
Kemudian untuk kesalahan manipulasi tidak langsung (Undirected
Manipulation/UM) dilakukan oleh tipe kepribadian dominance, influence, dan
steadiness. Tipe kepribadian influence, steadiness, dan compliance juga melakukan
kesalahan data tidak tepat (Innapropriate Data/ ID) dan kesalahan selain ke-7
kategori tersebut (Above Other/ AO). Terakhir, tipe kepribadian steadiness
melakukan kesalahan yakni data hilang (Omitted Data/ OD).