• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI DENGAN EVERY ONE IS TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (328.9Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Kristanti Dinar Prita Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode yang biasa digunakan oleh guru ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Jember adalah Metode Diskusi. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, dan diberi tugas untuk melakukan observasi dan mengkaji fenomena yang ditemui disekitar, yang terkait dengan materi pelajaran. Kemudian, siswa mendiskusikan dan melaporkan hasil temuannya dengan cara mempresentasikan di depan kelas. Proses pembelajaran yang berlangsung dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam mengikuti pelajaran. Siswa dituntut harus menemukan hubungan materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata yang ditemui sehari-hari. Proses belajar yang baik ini, berakibat pada hasil belajar yang baik. Guru kelas X menginginkan adanya variasi dan inovasi dalam pembelajaran yang dapat lebih mengoptimalkan hasil belajar siswa. Untuk itu, peneliti menawarkan konsep pembelajaran yang baru dan berbeda kepada guru bidang studi ekonomi yaitu Metode Every One is Teacher Here. Pokok bahasan permintaan dan penawaran membahas tentang pengertian permintaan dan penawaran, faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan dan penawaran, hukum permintaan dan penawaran serta menggambar kurva permintaan dan penawaran. Every One Is Teacher Here merupakan suatu metode pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual. Metode ini memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berperan sebagai guru bagi temannya. Siswa yang selama ini tidak mau terlibat secara aktif dalam pembelajaran, dituntut untuk memiliki keberanian dalam berkomunikasi aktif melalui kegiatan bertanya, mengemukakan gagasan atau pendapatnya. enelitian ini merupakan jenis penelitian komparasional yang bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Metode Diskusi dengan Every One is Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Jember dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas X. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.6 sampai dengan kelas X.10. Sampel yang digunakan adalah kelas X.9 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan Metode Diskusi dan kelas X.7 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan Every One is Teacher Here. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebelum melakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan anova dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi square. Hasil uji analisis data pada ulangan harian menunjukkan harga t = 2,275. Harga t tes ini dikonsultasikan dengan harga t dengan db = 78 , pada taraf signifikasi 5% yaitu sebesar 1,99 sehingga diperoleh nilai t viii tabel tes > t . Dengan demikian, nilai t tes > t , sehingga dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dari kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran Metode Diskusi sebesar 85,6, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas yang menggunakan Metode Every One is Teacher Here sebesar 88,9. Hal tersebut menunjukkan bahwa Metode Every One Is Teacher Here lebih baik dibandingkan dengan Metode Diskusi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10624
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository