dc.description.abstract | Prosees pembelajaran di SMP Negeri 1 Sempu masih kurang melibatkan
keaktifan siswa, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru yang berakibat
terjadinya bentuk komunikasi satu arah yaitu dari guru kepada siswa. Selain itu, hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) masih belum memenuhi
Kriteria Ketuntasan Minimum yang di tetapkan pihak sekolah. Untuk itu guru perlu
mencoba menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat
meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran
Genius Learning. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya
strategi Genius Learning pada materi pokok Pelaku Ekonomi?. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok
Pelaku Ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermaksud
memperbaiki atau meningkatkan proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sempu - Banyuwangi. Rancangan dalam
penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data
yang digunakan metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode
dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis
diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I
pertemuan ke-1 mencapai 59,33% masih termasuk dalam kategori sedang, siklus I
pertemuan ke-2 sebesar 67,13% termasuk dalam kategori aktif dan siklus II mencapai
75,70% termasuk dalam kategori aktif. Adapun rata-rata hasil belajar siswa secara
klasikal pada siklus I sebesar 69,69 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar
48,39%. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II sebesar 76,81
dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 75,86%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok Pelaku Ekonomi dengan
diterapkannya strategi Genius Learning. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian
ini adalah hendaknya guru mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) di SMP Negeri 1
Sempu menerapkan strategi Genius Learning yang dapat dijadikan alternatif dalam
pembelajarkan siswa pada pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) materi pokok Pelaku
Ekonomi, dan hendaknya menerapkan suatu strategi pembelajaran yang tepat dan
sesuai dengan pokok bahasan yang akan disampaikan serta agar memberikan
remedial kepada sebagian kecil siswa yang masih belum tuntas hasil belajarnya pada
pembelajaran siklus II yang telah diberikan. | en_US |