Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) terhadap Profitabilitas dan Return Saham (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Islamic
Social Reporting (ISR) terhadap profitabilitas dan return saham perusahaan yang
terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2019. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa
laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2017-
2019 dan data mengenai harga saham. Variabel dependen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah profitabilitas perusahaan yang diproksikan dengan Return On
Equity (ROE) dan return saham yang diproksikan dengan Cummulative Abnormal
Return (CAR). Variabel independen pada penelitian ini adalah Islamic Social
Reporting (ISR) dan variabel kontrol yang digunakan adalah ukuran perusahaan
(firm size). Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah teknik
purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan
Islamic Social Reporting (ISR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas
perusahaan. Sedangkan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan berpengaruh
negatif terhadap profitabilitas perusahaan. Pengungkapan Islamic Social
Reporting (ISR) berpengaruh positif terhadap return saham. Sedangkan variabel
kontrol yaitu ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap return saham