dc.contributor.author | DAMAYANTI, Desiyah Rhamadani | |
dc.date.accessioned | 2022-04-06T05:38:59Z | |
dc.date.available | 2022-04-06T05:38:59Z | |
dc.date.issued | 2022-01-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106179 | |
dc.description.abstract | Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan zaman yang semakin modern,
khususnya di Indonesia, telah berdampak pada transformasi budaya belanja
masyarakat Indonesia yang dahulunya belanja di pasar tradisional, namun kini
masyarakat lebih memilih berbelanja di pasar modern. Perilaku konsumen tersebut
menjadi pendorong berkembangnya industry ritel di Indonesia. Alfamart menjadi
salah satu perusahaan ritel yang mengalami perkembangan yang cukup pesat di
Indonesia. Sebanyak 131 unit Alfamart tersebar di 31 wilayah kecamatan di
Kabupaten Jember, diantaranya adalah Kecamatan Sumbersari, Kecamatan
Patrang, dan Kecamatan Kaliwates. Kendati demikian, Alfamart memang memiliki
beberapa keunggulan dibandingkan perusahaan ritel lain dengan memiliki kualitas
produk private label yang baik. Kualitas produk dan store atmosphere merupakan
faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan sehingga akan meningkatkan
loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji
pengaruh kualitas produk dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan pada
kepuasan pelanggan di Alfamart Jember.
Rancangan penelitian ini menggunakan explanatory research. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di Alfamart Kecamatan Sumbersari,
yaitu Alfamart Jalan Kalimantan dan Alfamart Jalan MT Haryono, Alfamart
Kecamatan Patrang, yaitu Alfamart Jalan PB Sudirman dan Alfamart Jalan Dr.
Soebandi serta Alfamart Kecamatan Kaliwates, yaitu Alfamart Jalan Ahmad Yani
dan Alfamart Jalan Basuki Rahmat. Teknik pengambilan sampel menggunakan non
probability sampling dengan metode sampel purposive sampling. Sampel yang
digunakan sebanyak 120 responden dengan beberapa kriteria. Penelitian ini
menggunakan data kualitatif yang dijadikan data kuantitatif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan
kuesioner melalui google form dengan periode pengisian dari 4 Oktober 2021 – 2
November 2021. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path
analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas produk berpengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Alfamart Jember. 2) Store atmosphere
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Alfamart Jember. 3)
Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadapa loyalitas pelanggan di
Alfamart Jember. 4) Store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap
loyalitas pelanggan di Alfamart Jember. 5) Kepuasan pelanggan berpengaruh
positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 6) Kualitas produk berpengaruh
positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. 7)
Store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan
melalui kepuasan pelanggan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. Diah Yulisetiarini, M.Si (Pembimbinh I)
Ariwan Joko Nusbantoro, S.E., M.M. (Pembimbing II) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | Kualitas Produk | en_US |
dc.subject | Store Atmosphere | en_US |
dc.subject | Loyalitas Pelanggan | en_US |
dc.title | Pengaruh Kualitas Produk dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kepuasan Pelanggan di Alfamart Jember | en_US |
dc.type | Other | en_US |