Analisis Kesesuaian Materi Buku Matematika Kelas V Menurut Kriteria Bell dan Pendekatan Saintifik
Abstract
Buku teks merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. buku teks sangat penting dan fungsional bagi setiap mata pelajaran di sekolah. Buku teks yang berkualitas, jelas akan meningkatkan kualitas pengajaran matematika. Hal ini juga berlaku untuk buku teks matematika menurut kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah. Cara mengetahui kualitas buku teks tersebut salah satunya dengan melakukan analisis terhadap buku tersebut. Bell (1981:381-385) menyatakan terdapat empat kriteria utama yang dapat digunakan untuk mengevaluasi buku pelajaran matematika yaitu: (a) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (b) kriteria yang berhubungan dengan metode penyampaian materi, (c) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik, dan (d) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru. Sedangkan Pendekatan Saintifik umumnya menggunakan tujuh kriteria untuk mengevaluasi buku berdasarkan langkah pembelajaran yaitu (1) mengamati, (2) menanya, (3) mengumpulkan informasi/ mencoba, (4) menalar/mengasosiasi, dan (5) mengomunikasikan. Alasan yang mendasari penelitian ini menggunakan kriteria Bell dan pendekatan saintifik adalah kriteria Bell dan Pendekatan Saintifik disajikan lebih rinci dan mudah, beberapa kriteria evaluasi buku pelajaran matematika menurut Bell tidak terdapat dalam kriteria penilaian misalnya saja kebenaran fakta, skill, dan prinsip matematika, pendekatan yang digunakan dan kesalahan penulisan teks sehingga perlu dilakukan analisis buku siswa yang telah diterbitkan oleh pemerintah dengan menggunakan kriteria Bell, sehingga tujuan penelitian ini dilakukan untuk untuk menelaah kesesuaian materi matematika pada Buku Matematika Kelas V berdasarkan kriteria Bell dan Pendekatan Saintifik. Penelitian ini hanya mengambil satu kriteria bell saja yaitu kriteria yang berhubungan dengan materi matematika karena materi merupakan poin utama dalam buku teks sehingga penelitian ini lebih memfokuskan pada analisis materi matematika yang terdapat dalam buku teks tersebut.
Jenis penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan mengambil semua materi yang ada dalam buku. Data pada penelitian ini adalah kesesuaian Buku Matematika Kelas V yang berhubungan dengan materi berdasarkan kriteria Bell dan Pendekatan Saintifik sehingga sumber datanya adalah buku tersebut. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku yang berhubungan dengan materi berdasarkan kriteria Bell dan Pendekatan Saintifik dan lembar validasi instrumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif terhadap data hasil validasi dan data kesesuaian buku. Hasil validasi instrumen secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar 2,7 yang berarti sangat valid. Kategori valid dan sangat valid tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen dan tidak perlu dilakukan uji validasi kembali sehingga instrumen analisis kesesuaian buku yang berhubungan dengan materi berdasarkan kriteria Bell dapat digunakan dalam penelitian. Hasil analisis dan pembahasan didapatkan bahwa sebagian besar sesuai namun ada beberapa kriteria bell yang tidak sesuai dengan dengan materi matematika. Hal ini dikarenakan buku senang belajar matematika menggunakan pendekatan saintifik yang lebih berpusat pada pengembangan peserta didik dan buku ini tidak memuat tokoh matematikawan pada semua bab pada buku. Selain itu, buku ini telah direvisi sebanyak 4 revisi sehingga tidak ada kesalahan dalam penulisan buku.