Pengaruh Islamic Branding dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Wardah di Kabupaten Mojokerto
Abstract
Islamic Branding dan Loyalitas Konsumen merupakan dua aspek yang dapat mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli produk kosmetik Wardah. Melalui Islamic Branding dan Loyalitas Konsumen terhadap produk kosmetik wardah diharapkan bisa menjadi pendorong perkembangan produk-produk Halal di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Branding dan Loyalitas Konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen produk kosmetik Wardah di Kabupaten Mojokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksplanasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Masyarakat di Kabupaten Mojokerto yang berjenis kelamin perempuan, dengan rentang usia 17-45 tahun. metode pengambilan sample yang digunakan yaitu metode Purposive Sampling dan ditentukan jumlahnya sebanyak 100 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan angket berupa kuisioner secara online kepada responden, dan kemudian diolah dengan alat bantu software statistik yaitu SPSS Versi 23. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yakni pengukuran validitas dan reliabilitas serta pemenuhan asumsi klasik.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Islamic branding berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Variabel Loyalitas konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk kosmetik Wardah.