Representasi Maskulinitas Perempuan dalam Tayangan Iklan Ponds Beauty – Bersihkan Ragumu Hijab Fight melalui Aspek Miseen Scene
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai representasi maskulinitas perempuan yang dibangun dengan unsur sinematik yaitu mise en scene. Untuk menganalisis simbol-simbol maskulinitas, digunakan teori semiotika Charles S Peirce menghasilkan proses semiosis rangkaian hubungan representamen, objek, dan interpretan. Penelitian ini menggunakan tehnik analisa data observasi tidak berperan, perekaman, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini yaitu (1) Perlawanan terhadap stereotip perempuan, terutama sebagai subjek yang lemah, feminim, dan berada di wilayah domestik, (2) Salah satu kostum yang digunakan yaitu simbol hijab yang bagi beberapa tafsir atau aliran dalam islam mempunyai batasan dalam perempuan tidak diperbolehkan bekerja di sektor publik dan bersifat kelelaki-lakian, dan (3) Sosok ibu sebagai panutan, terutama bagi anak perempuan, justru memihak pada pilihan atau keputusan anaknya.