• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksistensi E-Sports di Negara Asia Tenggara di Tengah Masa Pandemi COVID19: studi kasus Industri Indonesia dan singapura

    Thumbnail
    View/Open
    Main Article (988.4Kb)
    Date
    2021-12-08
    Author
    FIRMANSYAH, Alviean Rindi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan E-Sports di dunia sangatlah pesat. Perkembangan esports di dunia dimulai semenjak pada era 70 an. Bisa dibilang para mahasiswa Universitas Standford adalah pihak yang harus "bertanggung jawab" atas cikal bakal esports di zaman dulu. Karena dari merekalah, kompetisi video game pertama dimulai, tepatnya pada tahun 1972 silam, di bulan Oktober.(Bolasport.com). Kemudian dari sinilah perkembangan esports mulai menyebar luas di dunia. Perkembangan E-Sports di dunia kurang mendapatkan perhatian lebih pada saat itu di karenakan perkembangan E-Sports pada zaman tersebut hanya di pandang sebatas ‘’Permainan” untuk mengisi waktu luang bukan untuk berbisnis atau pun mengembangkan bakat. Pada era milenial kekuatan E-Sports di dunia berkembang sangatlah pesat. Karya tulis ilmiah ini memberikan batasan waktu penelitian dari tahun 2020 awal sampai tahun 2021. Peneliti lebih berfokus kepada penelitian di tahun tersebut karena tahun tersebut merupakan awal dari pandemi yang ada di dunia.. Tahun 2020 awal merupakan tahun di mana negara negara di dunia khusus nya di asia tenggara mengalami kemerosotan perekonomian karena pandemi khususnya di bidang esports. Kemudian di tahun 2021 merupakan awal terbentuk nya dari membentuk kerjasama guna untuk mengembangkan dan juga memperbaiki perkekonomian yang ada di negara Asia tenggara. Potensi industri game juga diakui oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah sering mendukung perusahaan game lokal dengan mengadakan berbagai acara terkait game, seperti Game Prime. Selain itu, banyak menteri, seperti Menteri Komunikasi dan Informatika serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, telah menyatakan dukungannya terhadap industri game dan esports lokal. Sebelumnya, Indonesia juga berhasil melobi negara-negara ASEAN untuk memasukkan esports sebagai olahraga eksibisi di Asian Games 2018 dan menyatakan esports sebagai olahraga yang sah (pemenang akan mendapatkan medali) di SEA Games 2019. Berdasarkan penelitian yang dikakukan dapat diketahui bahwa upaya upaya yang dilakukan oleh negara negara Asia Tenggara dengan cara melakukan kerjasama dengan negara negara lain dan tetap menjalankan kejuaran Esports yang ada tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada. Tentunya ada poistif dan negatif nya dari tindakan yang diambil dari kebijakan tersebut diantaranya selain dapat meningkatkan perekonomian negara secara tidak langsung hal ini dapat menguntungkan juga sebagai penyelenggara yaitu turnamen yang diadakan secara online. Selain dapat menekankan dampak dari penyebaran covid juga dapat menekan pembiayaan venue yang ada karena turnamen diadakan secara online kecuali ketka turnamen tersebut telah mencapai babak final tidak dapat di pungkiri untuk menambah sedikit biaya untuk final venue diadakan secara offline. Namun dari sisi negatif nya yaitu para penyelenggara kurang mendapatkan keuuntungan yang maksimal walaupun negara kecil kemungkinan untuk dirugikan namun untuk pendapatan tiket turnamen dapat berpengaruh karena diadakan secara offline. Dapat disimpulkan yaitu negara negara yang terkait dalam mengatasi hal tersebut sehearushnya lebih memperhatikan dari yang telah dijelaskan. Agar supaya perkembangan esports di negara negara Asia tenggara tidak terringgal oleh negara lain. Dan juga dapat mengatasi permasalahan yang ada, juga dapat diharapkan untuk dapat mengatur jalan nya pereekonomian yang ada di Asia tenggara sehingga dapat bermanfaat bagi kelangsungan banyak pihak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106067
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository