Nilai-Nilai Karakter pada Cerita Rakyat Nusantara di Jawa Timur sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas IV SDN Semboro 2 Jember
Abstract
Pendidikan krakter merupakan pendidikan terkait pada pembiasaan baik yang dilakukan siswa di kehidupan sehari-harinya. Proses pembelajaran karakter siswa dapat dilaksanakan dengan pembiasaan yang secara tidak langsung termuat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat membentuk kepribadian siswa dengan menggali nilai-nilai serta meyakininya. Pembelajaran nila-nilai pendidikan karakter pada kegiatan pembelajaran, salah satunya dapat diajarkan melalui berbagai cara. Salah satunya yaitu melalui penyampaian dan penanaman nilainilai yang termuat pada karya sastra. Guru dituntut untuk dapat mengembangkan bahan ajar yang inovatif dan kreatif agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendukung pendidikan karaker khususnya dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah adalah dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang menarik. Sumber belajar yang dapat digunakan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu cerita rakyat. Salah satu cerita rakyat yang dapat digunakan sebagai bahan ajar penanaman pendidikan karakter yaitu cerita rakyat Nusantara di Jawa Timur. Cerita rakyat nusantara di Jawa Timur didalamnya memuat berbagai nilainilai pendidikan karakter. Berdasarkan uraian diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku cerita rakyat nusantara di jawa Timur, pemanfaatannya cerita rakyat nusantara Jawa Timur sebagai bahan ajar di sekolah dasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai nilai pendidikan karakter yang terdapat pada cerita rakyat nusantara di Jawa Timur, serta mendeskripsikan pemanfaatan cerita rakyat nusantara di Jawa Timur sebagai bahan ajar siswa kelas IV sekolah dasar.