• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS OBSERVASI GEJALA FISIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP (Studi Eksperimen Pokok Bahasan Wujud dan Massa Jenis Zat Pada Kelas VII SMP Negeri 4 Genteng Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI TUSI WULANDARI_001.pdf (82.61Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Tusi Wulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains. Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan, penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkan pengetahuan di dalam kehidupan sehari-hari. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang alam dan gejala-gejalanya. Model pembelajaran yang sebaiknya diterapkan pada pembelajaran fisika adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sehingga siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan serta menuangkan ide-idenya dalam bentuk lisan maupun tulisan. Salah satu pembelajaran yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah Pembelajaran Berbasis Observasi Gejala Fisis. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Berbasis Observasi Gejala Fisis ?, (2) bagaimana efektifitas penerapan hasil pembelajaran Berbasis Observasi Gejala Fisis dalam pembelajaran fisika ?, (3) bagaimanakah retensi hasil belajar Fisika siswa setelah mengikuti pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran Berbasis Observasi Gejala Fisis ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Genteng Banyuwangi. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan responden penelitian dengan Cluster Random Sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre- test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan prosentase aktivitas. untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan uji efektifitas, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah ke tiga manggunakan uji t hasil belajar siswa. Hasil analisis uji aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 76,08%, yang termasuk pada kriteria aktivitas siswa aktif. Hasil analisis uji efektifitas siswa diperoleh persentase efektifitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 79.23% termasuk kriteria efektif dan efektifitas siswa pada kelas kontrol sebesar 62.29% yang termasuk kriteria cukup efektif . Hasil analisis uji t diperoleh persentase retensi hasil belajar siswa diperoleh nilai bahwa nilai t hitung = 1.05 dan nilai t hitung = 2.04 maka dapat disimpulkan bahwa nilai thitung < t tabel sehingga hipotesis nihil (H0) diterima dan hipotesis kerja (Ha) ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Aktivitas siswa SMP Negeri 4 Genteng Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika dengan pembelajaran Berbasis Observasi Gejala Fisis termasuk dalam kategori aktif. (2) Efektifitas siswa SMP Negeri 4 Genteng Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika dengan pembelajaran Berbasis Observasi Gejala Fisis termasuk dalam kategori efektif. (3) Retensi hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 4 Genteng Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran Fisika dengan menggunakan pembelajaran Berbasis Observasi Gejala Fisis termasuk dalam kategori dapat dikategorikan tinggi atau baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10601
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository