Pengaruh Harga, Kepercayaan, dan E-Service Quality terhadap Niat Beli Ulang pada Marketplace Shopee di Kabupaten Jember
Abstract
Niat beli ulang ini akan banyak menguntungkan perusahaan jika konsumen
memutuskan melakukan pembelian secara nyata untuk kedua kali dan seterusnya.
Pembelian ulang dapat terjadi jika perusahaan dengan serius membuat perlakuan perlakuan kepada konsumen seperti halnya menetapkan harga yang menimbulkan
persepsi konsumen terhadap harga produk maupun jasa tersebut secara baik,
memberikan pengalaman konsumen yang dapat menyentuh emosional dan suasana
hati mereka melalui konsep pengalaman pemasaran, serta memberikan kualitas
pelayanan yang mampu membuat konsumen merasa puas dan berminat untuk membeli
kembali Dalam penelitian ini terdapat faktor yang mempengaruhi Niat beli ulang pada
Marketplace Shopee Di Kabupaten Jember antara lain adalah Harga, Kepercayaan,
dan E-Service Quality
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga, Kepercayaan, dan
E-Service Quality terhadap Niat beli ulang pada Marketplace Shopee Di Kabupaten
Jember. Populasi penelitian ini adalah pada Marketplace Shopee Di Kabupaten
Jember. Sampel yang digunakan sebanyak 140 orang ditentukan dengan teknik
purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda.
Hasil pengujian regresi berganda menunjukan bahwa harga berpengaruh
terhadap niat beli ulang pada Marketplace Shopee Di Kabupaten Jember. Responden
menilai bahwa harga bersaing, harga sesuai dengan kualitas layanan, harga terjangkau
dinilai sangat baik oleh konsumen sehingga dapat menimbulkan niatbeli ulang.
Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap niat beli ulang pada Marketplace Shopee Di
Kabupaten Jember. Responden menilai bahwa kepercayaan tidak menjadi acuan yang
terlalu memengaruhi niat beli ulang mereka untuk membeli pada Marketplace Shopee.
E-Service Quality berpengaruh terhadap niat beli ulang pada Marketplace Shopee Di
Kabupaten Jember. Responden menilai bahwa E-Service Quality pada Marketplace
Shopee telah diberikan kepada konsumen dengan baik.