Hubungan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Motivasi Belajar dengan Metode Daring pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Metode pembelajaran daring merupakan metode baru bagi mahasiswa keperawatan, namun dalam pengimplementasiannya terdapat beberapa kendala yang dapat menurunkan motivasi belajar. Dukungan sosial keluarga merupakan salah satu faktor ekstrinsik yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan motivasi belajar menggunakan metode pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa menggunakan metode daring pada mahasiswa Fakultas Keperawatan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan dianalisis dengan Spearman Rank. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang melibatkan 360 mahasiswa keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki dukungan sosial keluarga baik sebanyak 185 (51%) dan 187 (52%) mahasiswa memiliki motivasi belajar baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan (p value = 0,024 < 0,05), selain itu koefisien korelasi sebesar 0,119 yang berarti terdapat hubungan yang sangat lemah dan positif antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1529]