PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA DeNGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN KETING 01 JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Kegiatan  belajar  mengajar  di  SDN  Keting  01  Jombang  Kabupaten  Jember  kurang 
meningkatkan  keaktifan  siswa,  terutama  dalam  pembelajaran  IPS  sehingga  aktivitas  dan 
hasil  belajar  siswa  rendah.  Hal  tersebut  disebabkan  karena  guru  kelas  IV  dalam  kegiatan 
pembelajaran  seharí-hari  yang  dilakukan  oleh  guru  adalah  dengan  menjelaskan  secara 
lisan,  menulis  di  papan  tulis,  dan  pemberian  kesempatan  bertanya  ketika  guru  mengajar, 
namun  hanya  direspon  oleh  sebagian  kecil  siswa.  Ketika  guru  memberi  latihan  soal, 
sebagian  besar  siswa  malas  untuk  mengerjakannya.  Mereka  mengatakan  malas 
mengerjakan  karena  harus  membaca  di  buku  teks  dan  juga  mengatakan  kurang  bisa 
menjawab  karena  jawabannya  tidak  ada  di  buku  serta  mereka  mengatakan  kurang  suka 
belajar IPS karena harus menghafalkan konsep yang panjang. Oleh karena itu, guru harus 
membantu  siswa  untuk  mengatasi  masalah  tersebut  yaitu  dengan  menggunakan  model 
pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. 
Model pembelajaran kooperatif tipe scramble digunakan dalam penelitian ini untuk 
membangun  suasana  belajar  yang  semula  berpusat  pada  buku  teks  menjadi  berpusat 
penerapan  kehidupan  sehari-hari,  sehingga  dapat  membuat  siswa  lebih  berminat  untuk 
mempelajari pelajaran IPS dan siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih bermakna 
sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian 
ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS 
dengan  menggunakan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  scramble  pokok  bahasan 
kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember  
Tahun  Pelajaran  2011/2012?,  (2)  Bagaimanakah  peningkatan  hasil  belajar  siswa  dalam 
pembelajaran  IPS  dengan  menggunakan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  scramble 
pokok  bahasan  kenampakan  alam  dan  sosial  budaya  kelas  IV  SDN  Keting  01  Jombang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 ?.  Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut 
maka,  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  Ingin  meningkatkan  aktivitas  belajar  siswa 
dalam  pembelajaran  IPS  dengan  menggunakan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe 
scramble  pokok  bahasan  kenampakan  alam  dan  sosial  budaya  kelas  IV  SDN  Keting  01 
Jombang  Kabupaten  Jember  Tahun  Pelajaran  2011/2012,  (2)  Ingin  meningkatkan  hasil 
belajar  siswa  dalam  pembelajaran  IPS  dengan  menggunakan  model  pembelajaran 
kooperatif  tipe  scramble  pokok  bahasan  kenampakan  alam  dan  sosial  budaya  kelas  IV 
SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember  Tahun Pelajaran 2011/2012. 
 Penelitian  ini  dilaksanakan  di  kelas  IV  SDN  Keting  01  Jombang  Kabupaten 
Jember yang terdiri dari 26 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis 
penelitiannya  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  sebanyak  2  siklus.  Metode 
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.  Pengambilan data 
dilakukan  mulai  tanggal  5  Agustus  2011  sampai  dengan  18  Agustus  2011  dengan  subjek 
penelitian  siswa  kelas  IV  SDN  Keting  01  Jombang  Kabupaten  Jember.  Data  yang 
dikumpulkan  berupa  penilaian  aktivitas  dan  tes  individu  siswa.  Pada  siklus  I,  presentase 
aktivitas belajar siswa sebesar 46,63% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II 
sebesar 62,02% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 
61,35%  dan  presentase  ketuntasan  klasikal  sebesar  53,85%.  Pada  siklus  II,  hasil  belajar 
siswa secara klasikal mencapai 71,35%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,31% 
sehingga  secara  klasikal  memenuhi  Kriteria  Ketuntasan  Minimal  (KKM)  SDN  Keting  01 
Jombang Kabupaten Jember.  
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan 
hasil  belajar  serta  ketuntasan  hasil  belajar  pada  pokok  bahasan  kenampakan  alam  dan 
sosial  budaya.  Peningkatan  persentase  aktivitas  siswa  dari  siklus  I  ke  siklus  II  sebesar 
15,39%,  sedangan  peningkatan  persentase  hasil  belajar  sebesar  10%  dan  ketuntasannya 
sebesar 38,46%. Oleh karena itu penelitian di SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember 
tuntas.  Saran  untuk  penelitian  ini  adalah  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  scramble 
dapat digunakan sebagai model alternatif untuk mengembangkan model pembelajaran IPS.
