• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI SIKAP KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME SDN JOMERTO 02 PATRANG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Skripsi_Kris Sulistiyoningsih_01.pdf (93.66Kb)
    Date
    2013-09-17
    Author
    Kris Sulistiyoningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Jomerto 02 Patrang Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara alain ; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui metode simulasi pada mata pelajaran IPS dengan materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriorisme SDN Jomerto 02 Patrang Jember Tahun Pelajaran 2011 – 2012 . Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS menggunakan metode simulasi yang memiliki 3 tahap pelaksanaan, yaitu : a) persiapan simulasi, b) pelaksanaan simulasi dan c) Penutup. Proses Pembelajaran dirancang dalam beberapa kali pertemuan mulai dari pra siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jomerto 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011 – 2012. Jumlah siswa 27 orang, terdiri dari 14 orang perempuan dan 13 orang laki-laki.. Desain penelitian ini adalah Classroom Action Research (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode Simulasi, jawaban guru dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2011 s.d 18 November 2011 dalam dua siklus yang masing-masng siklus meliputi tahap planning, observation, action, dan reflection.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase aktivitas siswa ( ) = 64%, yang tergolong keaktifannya sedang dan persentase ketuntasan belajar sebesar 67% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus 2. Pada siklus 2, persentase aktivitas siswa sebesar ( ) = 73%, yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 93%, yang tergolong telah mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. ap ap Berdasarkan hasil tindakan dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode simulasi pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Sikap kepahlawanan Dan Patriotisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jomerto 02 Kecamatan Patrang Jember. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pembelajaran IPS dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode Simulasi sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif strategi pembelajaran di kelas, guru harus lebih selektif memilih materi materi yang cocok untuk pembelajaran menggunakan metode simulasi, agar hasil belajar yang dicapai maksimal maka guru harus mempersiapkan media pembelajaran dan bahan ajar secara tepat, guru lebih memberikan perhatian pada siswa yang kurang memahami materi, guru lebih menguasai prinsip-prinsip menyelenggarakan pembelajaran menggunkan Metode Simulasi agar dapat mencapai hasil yang maksimal dan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru serta peneliti lain dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1057
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15322]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail