Show simple item record

dc.contributor.authorIQBAL, Muhammad
dc.date.accessioned2022-02-07T03:00:10Z
dc.date.available2022-02-07T03:00:10Z
dc.date.issued2015-05-15
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105688
dc.description.abstractCARA pandang dan pola komunikasi masyarakat, baik kalangan birokrasi, akademisi, pelaku usaha, dan kelompok kepentingan maupun masyarakat sipil perlu berubah menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Belum banyak yang melihat era Komunitas ASEAN sebagai peluang. Guido Benny dan Kamarulnizam Abdullah dalam Journal of Current Southeast Asian Affairs (2011) melihat kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai ASEAN masih sangat terbatas. Selain itu, Global Competitive Index oleh World Economic Forum menempatkan Indonesia pada urutan ke 50, di bawah sebagian negara ASEAN (Singapura, Brunei, Malaysia, Thailand). Tanpa menyiapkan perubahan mind-set terutama pola komunikasi masyarakat tersebut, Indonesia akan lebih tertinggal. Joseph S. Nye menyatakan bahwa kemampuan untuk mempengaruhi negara lain terkait dengan mengembangkan soft power pada negara tersebut didasarkan pada kebudayaan, ideologi, dan institusi. Terdapat tiga sumber utama dari soft power sebuah negara, yaitu budaya, nilai politik, dan kebijakan luar negeri. Setiap sumber tersebut diperlukan pola komunikasi yang signifikan untuk meningkatkan soft power Indonesia agar dapat berdaya saing dengan negara-negara lain. Kajian ini berupaya menelaah relasi dan wacana komunikasi soft power Indonesia menghadapi Komunitas ASEAN 2015. Relasi dan wacana komunikasi antara media, kekuasaan politik, kekuatan korporasi dan masyarakat sipil berandil besar menjadi diplomasi budaya di era komodifikasi informasi yang makin bebas dan terbuka. Melalui telaah kualitatif yang mengacu kepada critical theory (Juergen Habermas dan Vincent Mosco) maka, desain soft power Indonesia diharapkan dapat terumuskan dengan baik.en_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara Pressen_US
dc.subjectSoft Poweren_US
dc.subjectPola Komunikasien_US
dc.subjectDiplomasi Budayaen_US
dc.subjectKomodifikasi Informasien_US
dc.titlePERAN DAN KONTRIBUSI KAJIAN KOMUNIKASI DALAM ERA KOMUNITAS ASEAN (Meningkatkan Pola Komunikasi Softpower Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015)en_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record