INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI TANAMAN HIAS DI KAWASAN WISATA AGRO GELANTANGAN PTPN XII JEMBER SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMP
Abstract
Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati
sangat tinggi, menurut Wijaya (dalam Sunarmi, 2004:71) di Indonesia diperkirakan
terdapat 25 ribu hingga 35 ribu jenis tanaman yang tumbuh tersebar diseluruh
kawasan ataupun tumbuh berkelompok yang tumbuh di suatu lokasi atau kawasan.
Berbagai jenis flora atau tumbuhan yang sengaja ditanam karena memiliki kelebihan
dan manfaat khususnya apabila dipandang dari segi keindahannya. Jenis tanaman ini
dikenal dan digolongkan kedalam golongan tanaman hias. Menurut Chairani
(2009:37), tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna,
merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai
komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana,
atau sebagai komponen karangan bunga.
Salah satu lembaga konservasi yang ada di Kabupaten Jember, yang digunakan
sebagai tempat pembudidayaan tanaman hias adalah Wisata Agro Gelantangan
(WAG). Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Jember yaitu sekitar 35
Km, tepatnya di daerah Gelantangan Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.
Berbagai wahana bermain seperti mini jumping, cross, dan berkuda tersedia di WAG.
Tempatnya yang indah dan sejuk sangat cocok digunakan untuk tempat rekreasi
bersama keluarga dan pembelajaran biologi (http: // jemberajib. wordpress. com
/obyek-wisata/wisata agro gelantangan-wag).
Keberadaan berbagai jenis tanaman hias yang terdapat di Wisata Agro
Gelantangan dapat dimanfaatkan oleh dunia pendidikan di Kabupaten Jember
khususnya bagi siswa di sekitar Kota Gelantangan. Selain sebagai tempat rekreasi,
kawasan Wisata Agro Gelantangan dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata
edukatif yaitu dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman yang ada di didalamnya
sebagai variasi pembelajaran atau sebagai media sumber belajar siswa. Pemanfaatan
lingkungan sebagai media belajar, akan dapat meningkatkan kemampuan, kreatifitas
dan pengetahun siswa pada pembelajaran khususnya pada pembelajaran biologi
(Suratsih, 2010).
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui jenis-jenis tanaman hias
yang terdapat di kawasan Wisata Agro Gelantangan Kabupaten Jember, Untuk
mengetahui potensi berbagai jenis tanaman hias yang ada di kawasan Wisata Agro
Gelantangan Kabupaten Jember sebagai sumber belajar pembelajaran biologi, pokok
bahasan keanekaragaman hayati siswa pada siswa di Sekolah Menegah Pertama
(SMP).Penelitian dilaksanakan di kawasan Wisata Agro Gelantangan Kabupaten
Jember. Kemudian dilanjutkan proses identifikasi dilakukan di laboratorium ruang
botani FKIP Biologi Universitas Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan
beberapa tahap yaitu observasi dan eksplorasi lingkunganm, pengukuran faktor-faktor
lingkungan, iventarisasi tanaman hias, pengambilan spesimen sebagai sampel
penelitian dokumentasi, deskripsi tanaman hias, identifikasi tanaman hias, klasifikasi
tanaman hias, analisis data, uji produk dalam bentuk modul.
Analisa data menggunakan metode deskriptif. Sampel-sampel tanaman hias
yang telah di ambil kemudian diidentifikasi oleh peneliti. identifikasi sampel
dilakukan dengan cara mengamati ciri-ciri morfologi yang penting untuk di
identifikasi berdasarkan buku-buku acuan meliputi Flora (Dr.C.G.G.J. van Stenis,
et.al, 2008), Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta (Tjitrosoepomo, G., 1991), Flora
of Java (Backer and Bakhuizen, 1963). Hasil identifikasi dari lokasi dalam penelitian
ini yaitu di kawasan Wisata Agro Gelantangan PTPN XII Kabupaten Jember,
ditemukan 27 jenis tanaman hias. Pengujian produk menggunakan modul disertakan
angket. Responden uji produk adalah guru Biologi di sekolah yang berbeda yaitu
SMPN 1 Mumbulsari, SMPN 2 Mumbulsari dan SMP 1 Tempurejo. Hasilnya
diperoleh dengan rerata skor 84% yang artinya produk memiliki kualitas yang baik
sebagi sumber belajar. Untuk meningkatkan kualitas produk menjadi lebih baik perlu
dilakukan perbaikan pada materi modul karena hendaknya materi modul mengulang
materi yang telah lalu sebagai penguatan materi baru dan Memungkinkan
pembelajaran mandiri.
Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan adalah Pada kawasan Wisata
Agro Gelantangan PTPN XII Kabupaten Jember, ditemukan 27 jenis tanaman hias,
yang meliputi 3 divisi dengan 4 kelas,18 bangsa, 22 suku, 27 marga, dan 27 jenis
antara lain: Adiantum sp., Dieffenbachia brasiliensis, Caladium bicolor, Scindapsus
aureus, Chrysalidocarpus lutescens, Chlorophytum comosum, Sansevieria sp.,
Cordyline fructicosa, Agave americana, Strelitzia sp., Canna indica, Rhoeo discolor,
Codiaeum variegatum, Acalypha siamensis, Coleus Scutellarioides, Episcia fulgida,
Zinnia elegans, Catharanthus roseus, Bougainvillea sp., Hibiscus rosa-sinensis,
Rosa sp., Impatiens balsamina, Ixora paludosa, Euphorbia sp., Acalypha siamensis,
Nymphaea alba L, Araucaria heterophylla.
Kawasan Wisata Agro Gelantangan PTPN XII Kabupaten Jember sangat baik
untuk dijadikan salah satu sumber belajar biologi, khususnya di tingkat SMP kelas
VII pada materi keanekaragaman hayati tumbuhan, karena memeiliki kejelasan
potensinya, kesesuaian dengan tujuan dan manfaat, kejelasan sasaran yang dipelajari,
kejelasan informasi yang diungkap, kemudahan pedoman eksplorasinya, dan
memiliki kejelasan perolehan yang diharapkan.