Pengaruh Model Analisis Lapangan dan Laboratorium (MPALL) pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
Abstract
Pembelajaran IPA seyogyanya dapat menuntun siswa untuk mampu dalam berperan aktif, berpikir kritis dan terlibat secara langsung. Pembelajaran IPA berkaitan dengan cara-cara memahami tentang alam serta hubungannya dengan lingkungan di sekitarnya. Pembelajaran IPA dapat diperoleh dengan menghubungkan materi dengan konsep pembelajaran yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Salah dari satu materi dalam pembelajaran IPA yaitu interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan merupakan materi yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yang terdapat pada lingkungan sekitar, namun masih banyak siswa yang masih kurang mampu dalam mengomunikasikan masalah yang diberikan, selain itu siswa juga kurang mampu dalam menghubungkan materi dengan konsep dari materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Hal tersebut terjadi karena pembelajaran siswa lebih banyak mendapatkan informasi dan catatan yang diberikan oleh guru, sehingga siswa tidak memiliki keterlibatan secara langsung dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran guna untuk membangun keaktifan aktivitas siswa serta membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi dan pengaplikasian konsep dalam lingkungan sekitar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium (MPALL).
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran analisia lapangan dan laboratorium (MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMP, dan (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium (MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap hasil belajar siswa SMP.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purwoharjo pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 dengan menggunakan model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium (MPALL) pada kelas eksperimen. Populasi pada penilitian ini adalah selurih siswa kelas VII SMP semester genap. Sampel pada penilitian ini adalah dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas eksperimen. Teknik dan instrument pengumpulan data dibagi menjadi dua yaitu teknik dan instrumen data utama serta teknik dan pengumpulan data pendukung. Teknik pengumpulan data utama dilakukan dengan menggunakan tes yang sesuai dengan indikator yang ada pada materi interkasi makhluk hidup dengan lingkungan yaitu berupa tes hasil belajar kognitif dan tes keterampilan berpikir kritis. Tes dilakukan secara individu dimana tes dilakukan sebelum pembelajaran (pretest) dan tes sesudah (post-test) dilakukan sesudah proses pembelajaran. Teknik dan instrumen pendukung yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh data-data pada penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji-t pihak kanan.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium (MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa IPA SMP. (2) Ada pengaruh model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium (MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap hasil belajar siswa IPA SMP.