PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MATERI NERACA PEMBAYARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasuruan Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode
Problem Posing dapat meningkatkan daya kreatifitas dan hasil belajar siswa.
Peningkatan daya kreatifitas siswa dapat diketahui dari hasil observasi yang
dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dimana jumlah daya kreatifitas siswa
siklus I (pertemuan 1 dan 2) sebesar 3,0 sedangkan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2)
mengalami peningkatan menjadi sebesar 3,6 lebih tinggi bila dibandingkan dengan
siklus I, daya kreatifitas siswa termasuk kategori tinggi.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa
setelah pembelajaran dengan metode Problem Posing. Pada siklus pertama, dari 26
siswa yang mengikuti ulangan harian ada 14 siswa yang masih mendapat nilai
dibawah 74 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 69%. Sedangkan pada siklus
II, dari 26 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 3 siswa yang masih belum
mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan., berarti ketuntasan hasil belajar
secara klasikal sebesar 88% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar.
Oleh karena itu metode Problem Posing dapat digunakan sebagai alternatif dalam
meningkatkan daya kreatifitas dan hasil belajar siswa.