Show simple item record

dc.contributor.authorRira Sistiana
dc.date.accessioned2013-12-19T07:33:53Z
dc.date.available2013-12-19T07:33:53Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210193035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10540
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Menurut Priyono Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran dengan cara menerapkan strategi pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satu cara yaitu menggunakan model pembelajaran ROPES. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ROPES perlu diringi suatu penilaian Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran ROPES Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2011/2012, serta adakah pengaruh model pembelajaran ROPES Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES Analisis terhadap keterampilan metakognisi siswa terdiri atas pengetahuan tentang kesadaran ditolak, jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Analisis terhadap nilai pengaturan tentang kesadaran menunjukkan pengaruh yang diberikan oleh kelas eksperimen, berbeda dengan pengaruh yang diberikan oleh kelas kontrol dengan besarnya nilai signifikan 0,000 ditolak. Hasil kedua analisis tersebut menunjukkan penggunaan model pembelajaran ROPES dengan assessment portofolio memberikan pengaruh positif dalam meningkatan nilai pengetahuan tentang kesadaran dan pengaturan tentang kesadaran siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap niali pretest dan posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000 0 viii 0 Penolakan H menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Berdasarkan hasil uji LSD menunjukkan beda rerata nilai eksperimen dan kelas kontrol bernilai positif 10,501. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ROPES dengan assessment portofolio memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif. 0 Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran ROPES dengan assessment portofolio di SMP Negeri 7 Jember dapat meningkatkan metakognisi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193035;
dc.subjectModel Pembelajaran ROPES, Assessment Portofolio, Metakognisi, Hasil Belajar IPA Biologien_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record