dc.description.abstract | Pertumbuhan UMKM tersebut masih nilai lambat hal ini dengan adanya beberapa faktor
yang dinilai belum cukup efektif salah satunya perpajakan usaha. Ditengah perkembangan usaha
miko, kecil dan mengah yang masih belum dapat berkembang secara baik dan optimal pada tahun
2020 UMKN di Indonesia kembali diuji dengan munculnya wabah Covid-19 ditengah-tengah
masyarakat Indonesia. Dengan adanya virus tersbut maka pemerintah telah mencoba upaya agar
tidak berimbas pada penurunan secara draktis ekonomi UMKM karena sekarang setiap warga
juga mengalami hal yang sama kesulitan untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Untuk itu
Universitas Jember salah satu universitas negeri di Jawa Timur hadir melalui program pengabdian
kepada masyarakat dengan pemberdayaan usaha mikro. Melihat kondisi seperti itu, kami dari
lembaga pendidikan dari program pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Jember yang
terdiri dari berbagai disiplin ilmu, berusaha untuk menginterpretasikan arti pentingnya
pemberdayaan masyarakat melalui bantuan bahan-bahan, pembinaan, dan pendampingan
manajemen mengenai usaha mikro tersebut yang nantinya dapat menjadi wadah yang diharapkan
mampu memberdayakan masyarakat sesuai dengan potensi yang ada, sehingga pemberdayaan
usaha mikro usaha jahit untuk membuat masker non medis sebagai upaya berkontribusi untuk
masyarakat ditengah pandemi virus Covid-19 dan dalam mengatasi masalah pendapatan serta
jumlah pesanan yang ada di masyarakat akan lebih berdaya dan tercapai kemajuan dibidang
perekonomian di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Target khusus dari program pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan adalah
mitra dapat menjalankan usaha jasa jahitnya melalui usaha lain selain membuat baju yaitu
membuat masker non medis dan mengimplementasikan pola pemasaran pola pemasaran
melalui online. Dengan demikian dengan adanya usaha jasa jahit yaitu memproduksi
masker non medis untuk membantu masyarakat terhindar dari covid-19 sebagai
kontribusi secara sosial kepada masyarakat luas. Mitra diperkenalkan bagaimana
membangun jaringan pengelolaan dari teknik-teknik produksi dan pola perdagangan
melalui pemasaran online, yang bertujuan untuk mendapatkan keberlanjutan pemasaran
jasa yang siap sedia dapat memenuhi permintaan konsumen serta dapat menghasilkan
revenue generating yang berkelanjutan. | en_US |