• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

    Thumbnail
    View/Open
    Restian Alif Junianti - 080210193021 (2)_1.pdf (67.90Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Restian Alif Junianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Upaya untuk meningkatkan mutu, efesien, dan efektivitas pendidikan nasional baik secara makro maupun mikro telah dan sedang dilaksanakan melalui perubahan kebijakan pendidikan. Perubahan itu meliputi standarisasi termasuk penyempurnaan kurikulum, sistem pengajaran, peningkatan kinerja guru serta pengadaan fasilitas dan sumber belajar dalam pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Salah satu cara perubahan tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Resource Based Learning perlu diringi suatu penilaian Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment terhadap motivasi belajar Biologi siswa kelas X Semester II SMA Negeri Kalisat - Jember tahun pelajaran 2011/2012, serta adakah pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment terhadap Hasil belajar Biologi siswa kelas X Semester II SMA Negeri Kalisat - Jember tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment terhadap motivasi dan hasil belajar biologi di SMA Negeri Kalisat- Jember. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan quasi eksperimental pretest-postest pada kelas X SMA Negeri Kalisat- Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran angket motivasi ARCS, tes hasil belajar siswa, observasi mengajar, dokumentasi, pengumpulan tugas, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Uji homogenitas Analisis terhadap motivasi siswa terdiri dari empat aspek yaitu Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Analisis terhadap data nilai dari keempat aspek taraf signifikasinya < 0,05. Dengan demikian H ditolak, jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Hasil kedua analisis tersebut menunjukkan penggunaan model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment memberikan pengaruh positif dalam meningkatan nilai motivasi siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif authentic assessment. 0 Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment di SMA Negeri Kalisat-Jember dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10528
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository