STRATEGI BERSAING AIR MINUM DALAM KEMASAN MERK GLOBAL PADA CV. SINAR JAYA TANGGUL- JEMBER
Abstract
Air merupakan sumber kehidupan sehari-hari yang dibutuhkan oleh semua mahluk hidup.
Bagi masyarakat yang berada di wilayah perkotaan untuk mendapatkan air minum yang bersih
dan bebas kuman sangat sulit. Salah satu cara untuk mengatasi masalah perolehan air bersih,
aman, sehat dan terjamin kebersihannya terutama di kota-kota besar adalah melalui produk air
minum dalam kemasan (AMDK) yang dibuat produsen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
akan air minum sehat. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk bisnis AMDK
semakin berkembang, karena kebutuhan akan air minum terus meningkat. Hal ini menimbulkan
tingkat persaingan yang tinggi antar sesama industri AMDK di pasaran. CV Sinar Jaya sebagai
salah satu perusahaan yang memproduksi AMDK dengan merek Global menghadapi persaingan
yang ketat untuk menarik calon konsumen karena banyaknya perusahaan yang bergerak dalam
industri ini. Persaingan menuntut perusahaan untuk dapat melakukan alternatif strategi
pemasaran terbaik, diantaranya melalui analisis lingkungan internal maupun eksternal
perusahaan. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor
lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi bersaing untuk pemasaran merek
dagang Global di CV Sinar Jaya(2) Merumuskan alternatif strategi bersaing yang tepat dan
efektif yang sebaiknya dilakukan perusahaan agar dapat bersaing untuk meningkatkan pemasaran
merek dagang Global di CV Sinar Jaya dalam mencapai tujuan perusahaan di masa yang akan
datang. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak manajemen perusahaan dalam
merencanakan strategi serta bagi pihak lain yang memerlukan hasil penelitian ini sebagai bahan
rujukan untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini dilaksanakan di CV Sinar Jaya yang
berlokasi di Jl. Argopuro Tanggul untuk kantor pusat pemasaran dan di desa Manggisan, untuk
sumber mata air. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan untuk pengumpulan data yaitu
bulan Juli sampai dengan September 2012. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara dengan pihak manajemen perusahaan yaitu Direktur, Wakil Manajemen, Kepala
Pemasaran serta Kepala Personalia dan Umum. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa responden tersebut berpengaruh dalam pengambilan keputusan, khususnya dalam menentukan
strategi bersaing. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk menentukan kekuatan dan
kelemahan serta peluang dan ancaman perusahaan. Alat analisis yang digunakan pada penelitian
ini yaitu matriks SWOT yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan
internal dan menggolongkannya menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta untuk
mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal dan menggolongkannya menjadi peluang
dan ancaman perusahaan. Matriks SWOT menggambarkan peluang dan ancaman disesuaikan
dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan untuk menentukan alternatif strategi
terbaik pada perusahaan AMDK Global di CV Sinar Jaya.
Hasil analisis lingkungan perusahaan menunjukkan bahwa faktor-faktor lingkungan
internal yang merupakan kekuatan perusahaan adalah lingkungan kerja yang kondusif, struktur
organisasi yang berbentuk lini dan staf, lokasi yang strategis, fasilitas penggudangan yang
memadai, organisasi penjualan yang efektif, serta strategi harga yang efektif dan bersaing.
Sedangkan faktor kelemahan perusahaan adalah pangsa pasar yang masih rendah, kurang
efektifnya kegiatan promosi, bentuk kemasan, jaringan distribusi yang belum efektif. Faktorfaktor
eksternal yang merupakan peluang bagi perusahaan adalah jumlah penduduk yang terus
meningkat, kebutuhan akan air minum yang sehat, meningkatnya konsumsi produk AMDK,
perubahan pola dan gaya hidup masyarakat serta kemajuan teknologi informasi, transportasi dan
komunikasi. Sedangkan faktor-faktor ancaman bagi perusahaan adalah banyaknya bermunculan
perusahaan sejenis, meningkatnya jumlah dan variasi produk substitusi, strategi promosi pesaing
dan loyalitas konsumen terhadap merek AMDK lain. Penetapan alternatif strategi dilakukan
melalui analisis matriks SWOT yang memadukan faktor-faktor internal dan eksternal. Alternatif
strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan CV Sinar Jaya yaitu memanfaatkan lokasi
perusahaan yang strategis untuk meraih pelanggan potensial, meningkatkan cakupan distribusi
AMDK Global, mencari pangsa pasar yang lebih besar lewat usaha pemasaran yang lebih
gencar, mempertahankan harga produk AMDK Global dan meningkatkan kemampuan untuk
pengenalan akan merek AMDK Global.
Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT menunjukkan peluang terbesar perusahaan
adalah adanya kerjasama join logo di dalam label kemasan untuk hotel, restoran dan cafe yang
paling mungkin dimanfaatkan oleh perusahaan. Ancaman terbesar perusahaan yaitu banyaknya
pesaing baru yang memasuki industri AMDK. Perusahaan CV Sinar Jaya menerapkan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan analisis SWOT, didapat empat strategi
yang disarankan yaitu strategi SO, WO, ST, WT dan dari keempat strategi tersebut diperoleh
tujuh alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh CV Sinar Jaya yaitu 1)Memanfaatkan lokasi
yang strategis guna meraih pelanggan potensial, 2)Mempertahankan harga dan meningkatkan
kualitas produk AMDK Global, 3 Meningkatkan pengenalan merek AMDK Global pada
masyarakat 4)Meningkatkan cakupan distribusi AMDK Global, 5)Mencari pangsa pasar yang
lebih besar lewat usaha pemasaran yang lebih gencar . Berdasarkan skala prioritas utama hasil
dari matriks SWOT, strategi yang paling tepat untuk diterapkan oleh CV Sinar Jaya yaitu
meningkatkan pengenalan merek AMDK Global pada masyarakat.