• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN UMBULSARI 04 TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Hepy Septyaningrum_001.pdf (798.1Kb)
    Date
    2013-09-17
    Author
    HEPY SEPTYANINGRUM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Umbulsari 04, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Pada proses pembelajaran, kegiatan siswa lebih bersifat hafalan dari pada berpikir kritis. Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi yaitu ceramah yang berjalan satu arah. Alasan guru menggunakan metode ceramah karena metode tersebut mudah dan cepat untuk menyampaikan materi dalam waktu yang terbatas. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata Ipelajaran IPS yaitu melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah meningkatkan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011-2012 setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS materi masalah-masalah sosial? (2) Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011- 2012 setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS materi masalah-masalah sosial? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pelajaran IPS materi masalah-masalah sosial. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS materi masalah sosial. Pada penelitian ini subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 11 perempuan di SDN Umbulsari 04 Jember. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV SDN Umbulsari 04, siswa kelas IV SDN Umbulsari 04, referensi serta dokumentasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi sedangkan desain penelitian yaitu tersiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu berupa analisis hasil kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Data hasil observasi pada siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa rata-rata berpikir kritis siswa yaitu 2,7 sedangkan pada pertemuan 2 rata-rata berpiir kritis siswa mencapai 2,9. Pada siklus II pertemuan 1 kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 3,3 sedangkan pada pertemuan ke 2 mencapai 3,5 dalam kategori tinggi. Pada pembelajaran siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 45% sedangkan secara klasikal sebesar 68% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 75% sedangkan secara klasikal sebesar 79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPS dengan materi masalah-masalah sosial dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Jember sesuai dengan kriteria keberhasilan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar. Saran baik bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti lain adalah dalam proses belajar mengajar siswa dapat belajar untuk saling bekerja sama dan menghargai dengan model pembelajaran inovatif yang dikembangkan oleh guru melalui dukungan dari sekolah dan bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan kreativitas sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan bermanfaat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1052
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository