• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) (Studi Eksperimen pada Pokok Bahasan Konsumsi dan Investasi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Semester 2 Di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (342.1Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    SHOFIYATU NUR ISMINAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparasional yang bertujuan untuk mengetahui perbedaaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui metode diskusi dengan yang diperoleh melalui metode pemecahan masalah pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan konsumsi dan investasi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Pakusari dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas X. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 sampai dengan kelas X5. Sampel yang digunakan adalah kelas X2 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan metode diskusi dan kelas X4 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan metode pemecahan masalah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebelum melakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan anova dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi kuadrat. Aktivitas siswa dalam kelas yang menggunakan metode diskusi secara keseluruhan memiliki rata-rata skor sebesar 2,70 yang termasuk dalam kriteria cukup aktif, sedangkan pada metode pemecahan masalah menunjukkan kriteria yang aktif dengan skor sebesar 2,85. Hasil uji analisis data pada post tes dengan taraf signifikasi 5 % dan d.b. 77 diperoleh ttes = 1,99 yang melebihi harga ttabel = 1,667. Berdasarkan hasil penghitungan Uji t dapat diketahui bahwa nilai thitung > dari ttabel dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang signifikan melalui penerapan metode diskusi dan metode pemecahan masalah. Hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang diperoleh melalui metode diskusi sebesar 82,05% dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui metode pemecahan masalah sebesar 90%. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode diskusi belum mampu memenuhi kriteria yang ditentukan oleh SMA Negeri 1 Pakusari yaitu secara klasikal ketuntasan belajar siswa sebesar 85% sedangkan metode pemecahan masalah sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10518
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository