STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK EKOWISATA HUTAN MANGROVE BEDUL TAMAN NASIONAL ALAS PURWO BANYUWANGI
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pengembangan produk.
Strategi pengembangan produk digunakan untuk menciptakan produk yang dinamis
agar mampu mempertahankan pelanggan dalam persaingan termasuk pada bisnis
pariwisata. Tipe penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif dengan penentuan informan menggunakan teknik indepht interview.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk yang
dilakukan mempunyai tujuan untuk pelestarian alam, meningkatkan perekonomian
masyarakat setempat serta penciptaan paket wisata. Strategi pengembangan produk
yang dilakukan oleh Ekowisata Hutan Mangrove Bedul, ternyata sudah mencapai
tujuan yang di tetapkan di atas. Namun masih terdapat kendala yang dialami oleh
pengelola Ekowisata Hutan Mangrove Bedul dalam menjalankan strategi
pengembangan produk. Hambatan yang dialami yakni keterbatasan dana
pengembangan yang sampai saat ini masih mengandalkan anggaran dari desa, sumber
daya manusia tentang kepariwisataan masih terbilang kurang serta daya beli
masyarakat yang masih rendah.
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi
pengembangan produk yang dilakukan sudah cukup baikdan mampu menarik
wisatawan datang berkunjung.Keberadaan Ekowisata Hutan Mangrove Bedul dapat
membantu menjaga konservasi lingkungan dengan adanya peran aktif masyarakat
sekitar. Kesadaran masyarakat sekitar akan lingkungan semakin meningkat karena
dengan demikian dapat membantu menjaga kealamian lingkungan yang dijadikan
tujuan wisata serta mereka mendapatkan pendapatan dari lingkungan tersebut tanpa
harus merusaknya