STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN COKELAT DALAM UPAYA DIVERSIFIKASI PRODUK PADA PERUSAHAAN ANEKA FOOD KOPKAR “SEKAR” JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk
pada Aneka Food KOPKAR “SEKAR” Jember. Penelitian ini dilakukan dengan
penelitian deskriptif paradigma kualitatif. Tahap pengumpulan data dengan teknik
wawancara untuk mengetahui, memperluas, dan memperdalam deskripsi penelitian.
Strategi pengembangan produk baru diluncurkan untuk dapat mengentisipasi
tingkat kejenuhan konsumen akan produk yang sudah lama. Dari berbagai macam
wujud pengembangan produk tidak harus produk yang benar-benar baru melainkan
juga meliputi inovasi atau perbaikan dari produk yang telah ada. Bentuk
pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan Aneka Food KOPKAR
‘SEKAR” Jember untuk menciptakan produk baru adalah dengan cara menganeka
ragamkan
Strategi kreatif yang diterapkan oleh perusahaan merupakan salah satu
saranan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Perusahaan Aneka Food KOPKAR
“SEKAR” melakukan strategi kreatif dalam hal menganeka ragamnkan produk
olahan cokelatnya atau melakukan diversifasi produk olahan cokelatnya dalam upaya
untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu profit oriented dengan tetap
mempertahankan cita rasa, kualitas produk olahan cokelat, serta tujuan perusahaan
saat ini lebih diorientasikan pada perluasan wilayah pemasarannya karena para
pesaing sudah mulai memenihu pasar yang sudah dituju oleh perusahaan ini,
disamping itu juga perluasan wilayah pemasaran diharapkan juga dapat meningkatkan
penjualan akan olahan cokelat produksinya.