STRATEGI MEMBANGUN KEPERCAYAAN DALAM PEMASARAN ONLINE PAKAIAN DAN TAS WANITA PADA TITI SHOP JEMBER WANITA PADA TITI SHOP JEMBER WANITA PADA TITI SHOP JEMBER
Abstract
Persaingan yang terjadi dalam dunia bisnis yang semakin ketat dalam
memperebutkan dan mengusai pasar menuntut sebuah usaha untuk mengamati,
mengerti dan memahami kondisi sesungguhnya persaingan yang dihadapi agar
mampu mempertahankan keberadaannya. Sebuah usaha online dituntut untuk
membangun strategi kepercayaan dalam pemasaran online ini. Untuk memperoleh
kepercayaan dalam bisnis online ini sangatlah susah serta sarana yang digunakan
adalah media jejaring sosial facebook dan blackberry messager. Kegiatan ini
dilakukan agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup dan perkembangan usaha
yang lebih pesat dalam bisnis ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan strategi membangun kepercayaan dalam pemasaran online pakaian
dan tas wanita pada Titi shop Jember.
Titi shop merupakan sebuah online shop yang menjual produk pakaian jadi
dan tas wanita, melalui akun jejaring sosial yaitu facebook dan Blacberry Messager.
Sebagai situs online shop, Titi Shop tentu membangun strategi kepercayaan dalam
pemasaran online ini sangat dibutuhkan untuk mendatangkan konsumen dan
menghasilkan penjualan atas produknya..
Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka tipe penelitian ini
adalah penelitian yang bersifat deskriptif yang didasarkan pada paradigma kualitatif.
Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam atau suatu data
yang mengandung makna, artinya adalah mencari makna data yang sebenarnya.
Deskripsi penelitian ini memperoleh hasil bahwa strategi membangun
kepercayaan dalam pemasaran online yang dilakukan oleh Titi Shop Jember dilakukan dengan memberikan kesan pertama dan penawaran yang menarik kepada
konsumennya dan melalui tahapan kepercayaan atribut objek, kepercayaan manfaat
atribut dan tahapan tahap kepercayaan pada manfaat objek kepada konsumennya,
serta melakukan promosi melalui word of mouth atau gethok tular positif. Beberapa
tahapan ini dilakukan untuk membuat Titi shop mendapatkan banyak pelanggan,
sehingga dapat meningkatkan tingkat penjualan dan keuntungan (
Kesimpulan dari deskripsi ini adalah Strategi membangun kepercayaan dalam
pemasaran online yang dilakukan oleh Titi Shop dengan cara menggunakan kesan
pertama dan memberikan penawaran yang menarik untuk para konsumennya serta
melalui tahapan kepercayaan atribut objek,tahapan kedua melalui kepercayaan
manfaat atribut dan kepercayaan manfaat atribut. Untuk mendapatkan kepercayaan
dari pelanggan memang tidak mudah karena usaha ini tidak menggunakan akun
berbayar seperti berniaga.com atau tokobagus.com. Usaha ini masih belum bisa
dikaitkan peraturan perundang-undangan karena usaha ini tidak menggunakan situs
berbayar melainkan menggunakan situs free yaitu jejaring sosial facebook, usaha ini
tidak ada kontibusi khusus pada Negara.