STRATEGI INOVASI PADA HOTEL IJEN VIEW& RESORT BONDOWOSO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi yang digunakan
Hotel Ijen View & Resort Bondowoso. Penelitian ini di lakukan di Hotel Ijen View &
Resort Bondowoso dengan melakukan pendekatan kualitatif. Tahap pengumpulan
data yang peneliti lakukan dengan melakukan wawancara indepth interview atau
wawancara mendalam untuk mengetahui, memperluas, dan memperdalam deskripsi
penelitian.
Strategi inovasi yang di lakukan pada Hotel Ijen View & Resort Bondowoso
terbagi dalam tiga tipe yaitu Need Seekers, Market Readers, Technology Drivers.
Untuk tipe Need Seekers inovasi yang di lakukan pada Hotel Ijen View & Resort
adalah dengan menciptakan produk yang menjadi Icon Hotel Ijen View & Resort
Bondowoso yaitu Jus Tape. Selain itu juga terdapat VVIP Halipad sebagai inovasi
yang tidak hanya membantu dan menguntungkan Hotel Ijen View & Resort
Bondowoso, tetapi juga membantu Pemerintah Daerah dalam menerima tamu – tamu
pemerintahan.
Untuk tipe Market Readers diciptakan ruang Demitory sebagai bagian
strategi inovasi dalam penyesuaian dengan pasar Bondowoso. kedua tipe tersebut
masuk pada bagian inovasi incrumental atau inovator penyesuaian. Untuk tipe
Technology Drivers yang ada pada Hotel Ijen View & Resort adalah Website dan
email Hotel Ijen View & Resort, dimana penciptaan inovasi ini merupakan hal yang
baru di dalam industri Hotel Bondowoso dan membantu memberikan informasi
keberadaan bahwa di Bondowoso terdapat hotel berbintang dengan pelayanan yang
sangat baik. Tipe Technology ini merupakan bagian inovasi radikal atau inovator
pendaya tarik. Inovasi yang dilakukan pada Hotel Ijen View & Resort Bondowoso
merupakan bagian dari kegiatan perusahaan untuk dapat mempertahankan diri
terhadap kondisi di Bondowoso.