Show simple item record

dc.contributor.authorNovita Mediawati
dc.date.accessioned2013-12-19T07:06:15Z
dc.date.available2013-12-19T07:06:15Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210193023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10492
dc.description.abstractProblem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada kerangka kerja teoritik konstruktivisme. Problem Based Learning mengharuskan siswa melaksanakan penyelidikan sebenarnya untuk mencari jawaban sebenarnya dari permasalahan nyata yang diberikan. Mereka harus menganalisis dan mendefinisikan masalah, mengembangkan hipotesis dan membuat prediksi, mengumpulkan dan menganalisis informasi, melakukan eksperiman (jika sesuai), menyimpulkan, dan menggambarkan kesimpulan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri Rambipuji Jember, siswa di SMA Negeri Rambipuji Jember motivasi belajarnya masih rendah. Hasil belajar biologi siswa terkadang tidak begitu memuaskan bahkan ada yang mengecewakan. Diharapkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri Rambipuji Jember. Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimental dimana strategi l pembelajaran Problem Based Learning diterapkan pada kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan strategi pembelajaran secara konvensional diterapkan di kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarians (ANAKOVA). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, semester Genap 2011/2012. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat diketahui dari hasil angket motivasi ARCS. Dari hasil analisis statistik ANAKOVA dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P < 0,05) dengan selisih rerata peningkatan motivasi sebesar 9,92 untuk kelas eksperimen dan 2,66 untuk kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aspek kognitif dan afektif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Aspek kognitif dinilai dengan menggunakan rerata nilai Pre-Test dan Post-Test. Pada kelas eksperimen diperoleh rerata nilai sebesar 80,35, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rerata sebesar 72,05 dengan taraf signifikasi sebesar 0,000 (P < 0,05). Selain dilihat dari hasil posttest yang diperoleh, jika dibandingkan antara nilai pre-test dan post-test ternyata keduanya menunjukkan selisih yang nyata diantara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu sebesar 35,42 untuk kelas eksperimen dan sebesar 26,92 untuk kelas kontrol. Aspek afektif dinilai selama pembelajaran berlangsung. Aspek afektif yang dinilai yaitu karakter dan keterampilan sosial. Rerata penilaian karakter pada kelas eksperimen yaitu sebesar 80,05, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68,80. Rerata penilaian keterampilan sosial pada kelas eksperimen sebesar 78,69, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66,59 dengan taraf signifikasi sebesar 0,000 (P < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri Rambipuji Jember dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193023;
dc.subjectStrategi Pembelajaran Problem Based Learning, Motivasi dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI RAMBIPUJI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record