FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA IPS KELAS XII SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive
area. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode
wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa kutipan-kutipan data
untuk memberikan gambaran dan fenomena yang ada di lapangan tentang faktor
penyebab kesulitan belajar akuntansi pada siswa IPS Kelas XII SMAN 2 Probolinggo
Tahun Ajaran 2010/ 2011.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang
dihadapi siswa IPS kelas XII SMAN 2 Probolinggo dalam belajar akuntansi. Pada
faktor intern meliputi keterampilan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi yang
masih kurang sebanyak 75%; kurangnya kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas
sebanyak 73%; ketelitian siswa dalam mengerjakan soal akuntansi hanya 27%; minat
siswa yang masih kurang terhadap pelajaran Akuntansi 77%; cara belajar siswa pada
pelajaran akuntansi yang belum tepat sebanyak 68%. Sedangkan faktor ekstern
penyebab kesulitan belajar Akuntansi pada siswa IPS Kelas XII SMA Negeri 2
Probolinggo tahun ajaran 2010/2011 adalah sumber belajar yang kurang memadai
dan juga siswa belum memanfaatkan persediaan buku penunjang akuntansi yang ada
di perpustakaan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan
belajar akuntansi siswa kelas XII SMAN 2 Probolinggo lebih cenderung pada faktor
intern siswa itu sendiri.