INOVASI PRODUK SALE PISANG PODO ROSO BANYUWANGI DALAM UPAYA MEMPERLUAS PASAR
Abstract
Era Globlalisasi saat ini memaksa para pelaku bisnis untuk memberikan
inovasi-inovasi terbaru terhadap produknya dan dipacu untuk terus meluncurkan
aneka produk baru agar dapat mampu bersaing dalam persaingan bisnis. Selain itu,
pelaku bisnis tersebut harus mampu menciptakan inovasi yang mampu memikat hati
konsumen. Suatu perusahaan harus bisa menjadi lebih inovatif, bukan hanya dalam
aneka produk yang dibuat, namun juga dalam rangkaian proses pengelolaan
manajemennya. Masing-masing perusahaan berlomba menghasilkan produk terbaru
dengan inovasi yang berbeda. Hal ini dilakukan hanya untuk menarik minat
konsumen. Produk Sale Pisang Podo Roso merupakan produk makanan ringan yang
saat ini sedang bersaing dengan produk sejenis. Munculnya berbagai produk sale
pisang dari home industry di berbagai daerah, terutama Banyuwangi serta maraknya
produk yang terbuat dari pisang menuntut Sale Pisang Podo Roso sebagai home
industry untuk senantiasa menghasilkan produk dengan inovasi dan kualitas yang
tidak kalah dengan m erek lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi produk sale pisang podo
roso banyuwangi dalam upaya memperluas pasar. Penelitian dilakukan di rumah
produksi Sale Pisang Podo Roso Banyuwangi. Adapun permasalahan dari penelitian
ini adalah bagaimana inovasi produk Sale Pisang Podo Roso Banyuwangi. Penelitian
yang dilakukan yaitu menggunakan metode diskriptif paradigma kualitatif melalui
beberapa tahapan yaitu observasi pendahuluan, wawancara, dan dokumentasi yang
berkaitan dengan inovasi produk sale pisang podo roso.Hasil penelitian bahwa Inovasi Produk sale pisang podo roso yang dulunya
hanya menjual sale pisang goreng saja, kini sale pisang podo roso menciptakan
inovasi baru yaitu sale pisang lilit dan sale pisang basah. Keadaan ini menunjukkan
bahwa proses inovasi tidak dapat terlepas dari kegiatan perusahaan. Dengan adanya
inovasi tersebut, distribusi pemasaran Sale Pisang Podo Roso juga berubah yang
dulunya hanya di Banyuwangi kini meluas ke Jember dan Surabaya.
Demi memperluas pasar produk sale pisang tersebut, maka dengan adanya
penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran atau masukan
yang berarti bagi perusahaan agar dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan serta
evaluasi dalam mengambil keputusan bagi perusahaan, khususnya dalam hal inovasi
produk sale pisang podo roso dalam memperluas pasar.